Hati-hati, Bagian Rumah Ini Sering Jadi Tempat Ular Bersembunyi

 
Hati-hati, Bagian Rumah Ini Sering Jadi Tempat Ular Bersembunyi

LADUNI.ID, Jakarta -  Belakangan ini banyak ular kobra berkeliaran di pemukiman penduduk. Ternyata, pemukiman warga menjadi salah satu lingkungan yang cepat membuat ular beradaptasi. Itu sebabnya, banyak ditemukan ular di rumah-rumah penduduk.

Salah satu ciri tempat yang disukai ular adalah tempat yang minim penerangan. Dimana saja ular suka bersembunyi? Dikutip Laduni.id dari laman HaiBunda.com, berikut tempat persembunyian ular di dalam rumah.

1. Sepatu

Hati-hati ketika akan menggunakan sepatu. Terutama sepatu yang disimpan di teras rumah. Bisa jadi, ular bersembunyi di dalamnya. Sepatu menjadi tempat yang disukai ular karena gelap dan hangat.

Solusinya, Bunda bisa menyimpan sepatu di dalam lemari atau rak dengan penerangan yang cukup. Jangan lupa simpan kamper di dalam lemari.

2. Kamar mandi

Ular bersembunyi di dalam kamar mandi, Bun. Biasanya, ular masuk bukan lewat pipa, tapi lewat toilet.

Hewan ini bersembunyi di toilet karena kondisinya yang lembap dan kotor. Apalagi kalau kondisi kamar mandinya gelap. Ular akan menyukai tempat ini, Bun.

Untuk menghindari ular bersembunyi di kamar mandi, Bunda harus menjaga kebersihannya. Beri penerangan yang cukup supaya ular tidak suka bersembunyi di situ.

3. Plafon atau loteng

Ular bersembunyi di plafon adalah hal yang umum terjadi. Biasanya, ular naik ke loteng karena mencium bau tikus di plafon. Tempat ini selain gelap dan lembap, ular juga bisa dengan mudah mendapatkan mangsanya.

Supaya ular tidak masuk ke plafon, Bunda perlu menutup semua celah. Sehingga, tidak ada akses untuk ular masuk ke plafon.

4. Bebatuan

Apakah di halaman rumah ada bebatuan? Bunda perlu berhati-hati nih. Ular suka tinggal di bebatuan karena kondisinya yang lembap.

Tumpukan kayu atau bebatuan bisa menjadi sarang untuk ular. Makanya, Bunda perlu menyingkirkan bebatuan dan tumpukan kayu di dekat rumah.

5. Kolong kulkas

Kolong kulkas cenderung gelap dan lembap. Makanya, kolong kulkas menjadi tempat yang potensial untuk persembunyian ular.

Ketika menyapu dan membersihkan rumah, jangan melupakan area kolong kulkas ya, Bun. Ini untuk memastikan supaya tidak ada ular yang bersembunyi di tempat itu.

6. Tanaman besar di dalam rumah

Ular dapat hidup di dalam pot atau wadah tanaman besar. Beberapa orang menemukan ular di tanaman hias besar yang disimpannya di dalam rumah.

Jadi, usahakan supaya tanaman hias yang berukuran besar tidak perlu disimpan di dalam rumah. Kalau pun ingin menyimpan di dalam rumah, perlu sering dicek.

7. Air Conditioner (AC)

AC menjadi tempat persembunyian yang ideal. Mesin AC adalah tempat yang gelap dan lembap.

Untuk mencegah ular bersarang di dalam mesin AC, Bunda perlu membersihkannya secara berkala. Dengan begini, ular tidak akan bersembunyi di dalam AC.