Jarang yang Tahu, Kaisar Tiongkok Pernah Buat Syair Pujian untuk Rasulullah SAW

 
Jarang yang Tahu, Kaisar Tiongkok Pernah Buat Syair Pujian untuk Rasulullah SAW

LADUNI.ID, Jakarta - Pada abad ke-14, Kaisar Hongwu (bernama asli Zhū Yuánzhāng) yang memimpin kekaisaran Tiongkok di era itu. Kaisar Hongwu (Kaisar Hongwu di Wikipedia) adalah kaisar pertama dari Dinasti Ming dan memimpin selama 30 tahun, mulai dari tahun 1368 hingga 1398.

Kaisar Hongwu juga dikenal sebagai penakluk Mongol (Dinasti Yuan), yang saat itu berkuasa di tanah Tiongkok. Meski juga dikenal sebagai kaisar yang kejam, namun kisah menarik dan penuh dengan makna, Kaisar Hongwu bahkan dijadikan sebuah komik.

Setelah berhasil menggulingkan dinasti Yuan, Kaisar Hongwu membangun tempat ibadah, termasuk masjid, sebagai rasa terima kasih pada para prajuritnya.

Setidaknya, ada 10 nama jenderal perangnya di antaranya yang cukup terkenal; Chang Yuchun, Ding Dexing, Feng Sheng, Hu Dahai, Mo Ying dan Lan Yu, yang beragama Islam. Bahkan, nama Chang Yuchun, Mo Ying dan Hu Dahai termasuk di antara "5 jenderal macan" (baca tentang 5 Jenderal Macan di Wikipedia) alias 5 jenderal terkuat dalam sejarah Dinasti Ming.

Ratu saat itu, Permaisuri Ma, juga keturunan keluarga Muslim. Tionghoa Muslim terbanyak berasal dari Suku Hui, dan menjadi sebagian besar berada di Nanjing. Suku Hui (baca tentang Suku Hui di Wikipedia) menjadi salah satu dari lima suku terbesar di Tiongkok hingga hari ini.

Maka berdasarkan fakta-fakta itu, Kaisar Hongwu memerintahkan sejumlah pembangunan masjid di kota-kota yang ada warganya memeluk Islam. Kota-kota tersebut di antaranya Nanjing, Yunnan, Guangdong dan Fujian.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN