Membaca Kembali Tulisan Mbah Hasyim Tahun 1943: "Prajurit Pembela Tanah Air"

 
Membaca Kembali Tulisan Mbah Hasyim Tahun 1943:
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Majalah Islam Soeara Moeslimin Indonesia edisi 2 Dzulhijjah 1362 atau 30 November 1943 halaman 4 memuat tulisan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) Hadratussyaikh KH. M. Hasyim Asy’ari.

Tulisan itu berjudul "Pradjoerit Pembela Tanah Air" sebanyak satu halaman penuh dengan tiga kolom tanpa gambar. Majalah tersebut diterbitkan oleh Majelis Syura Muslimin Indonesia atau MASYUMI setiap tanggal 1 dan 15 saban bulannya atas izin kantor Goen-Kenetsu-Han dan dipimpin oleh KH. M. Mansoer.

Menurut peneliti Muhammad Asad Shahab, tulisan tersebut berisi dukungan Kyai Hasyim kepada masyarakat yang aktif menjadi tentara PETA (Pembela Tanah Air). Namun setelah membaca secara lebih mendalam, tulisan tersebut lebih dari sekadar dukungan terhadap perjuangan PETA. Menurutnya, ini adalah seruan jihad untuk menggerakkan semangat juang tentara PETA dan juga umat Islam Indonesia secara umum yang ikut berperang pada zaman itu.

Berikut ini penulis salin tulisan lengkapnya yang disesuaikan dengan ejaan dalam Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia  (PUEBI):

Prajurit Pembela Tanah Air

Oleh KH. M. Hasyim Asy’ari

Dengan nama Allah Penyayang dan Pengasih.

Sekalian puji bagi Allah yang Luhur dalam kemuliaan-Nya, Yang berkuasa sendiri akan membalik-balikkan hati hamba-Nya, Yang memberi percobaan dengan sesuatu hal dan lawan hal itu. Rahmat dan salam bagi Utusan-Nya, Junjungan kita Muhammad dan keluarganya dan tentaranya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN