Keutamaan Sedekah di Hari Jum'at, Adakah Dalilnya?

 
Keutamaan Sedekah di Hari Jum'at, Adakah Dalilnya?

LADUNI.ID, Jakarta - Keutamaan sedekah dijelaskan dalam banyak ayat Al-Qur'an dan Hadis Rasûlullâh shallallâhu alaihi wasallam. Adakah waktu yang utama kapan mengeluarkan sedekah?

Ada, di hari Jum'at atau malam Jum'at. Imam kita Asy-Syaafi'i berkata:

بَلَغَنَا عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ أَبِي أَوْفَى أَنَّ رَسُولَ اللهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أَكْثِرُوا الصَّلَاةَ عَلَيَّ يَوْمَ الْجُمُعَةِ فَإِنِّي أُبَلَّغُ وَأَسْمَعُ قَالَ وَيُضَعَّفُ فِيهِ الصَّدَقَةُ “

Telah sampai kepadaku dari Abdillah bin Abi Aufa bahwa Rasulullah bersabda, ‘Perbanyaklah membaca shalawat kepadaku di hari Jumat sesungguhnya shalawat itu tersampaikan dan aku dengar’. Asy-Syaafi'i berkata, ‘Dan di hari Jumat pahala bersedekah dilipatgandakan’.” (al-Umm, 1/239).

Seperti biasanya, bagaimana jika ada yang protes "Bid'ah!!! karena menentukan ibadah yang tidak dijelaskan ketentuannya dalam Agama".

Cukup dijawab dengan kesaksian Syekh Ibnu Al-Qayyim:

اﻟْﺨَﺎﻣِﺴَﺔُ ﻭَاﻟْﻌِﺸْﺮُﻭﻥَ: ﺃَﻥَّ ﻟِﻠﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﻓِﻴﻪِ ﻣَﺰِﻳَّﺔٌ ﻋَﻠَﻴْﻬَﺎ ﻓِﻲ ﺳَﺎﺋِﺮِ اﻷَْﻳَّﺎﻡِ، ﻭَاﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﻓِﻴﻪِ ﺑِﺎﻟﻨِّﺴْﺒَﺔِ ﺇِﻟَﻰ ﺳَﺎﺋِﺮِ ﺃَﻳَّﺎﻡِ اﻷُْﺳْﺒُﻮﻉِ ﻛَﺎﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﻓِﻲ ﺷَﻬْﺮِ ﺭَﻣَﻀَﺎﻥَ ﺑِﺎﻟﻨِّﺴْﺒَﺔِ ﺇِﻟَﻰ ﺳَﺎﺋِﺮِ الشهور.

No 25. Sedekah di hari Jum'at memiliki keutamaan dibanding hari-hari lainnya. Sedekah di hari Jum'at sama seperti sedekah di bulan Ramadhan dibanding bulan-bulan yang lain

ﻭَﺷَﺎﻫَﺪْﺕُ ﺷَﻴْﺦَ اﻹِْﺳْﻼَﻡِ اﺑْﻦَ ﺗَﻴْﻤِﻴَّﺔَ ﻗَﺪَّﺱَ اﻟﻠَّﻪُ ﺭُﻭﺣَﻪُ ﺇِﺫَا ﺧَﺮَﺝَ ﺇِﻟَﻰ اﻟْﺠُﻤُﻌَﺔِ ﻳَﺄْﺧُﺬُ ﻣَﺎ ﻭَﺟَﺪَ ﻓِﻲ اﻟْﺒَﻴْﺖِ ﻣِﻦْ ﺧُﺒْﺰٍ ﺃَﻭْ ﻏَﻴْﺮِﻩِ ﻓَﻴَﺘَﺼَﺪَّﻕُ ﺑِﻪِ ﻓِﻲ ﻃَﺮِﻳﻘِﻪِ ﺳِﺮًّا، ﻭَﺳَﻤِﻌْﺘُﻪُ ﻳَﻘُﻮﻝُ: ﺇِﺫَا ﻛَﺎﻥَ اﻟﻠَّﻪُ ﻗَﺪْ ﺃَﻣَﺮَﻧَﺎ ﺑِﺎﻟﺼَّﺪَﻗَﺔِ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﻣُﻨَﺎﺟَﺎﺓِ ﺭَﺳُﻮﻝِ اﻟﻠَّﻪِ ﺻَﻠَّﻰ اﻟﻠَّﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ، ﻓَﺎﻟﺼَّﺪَﻗَﺔُ ﺑَﻴْﻦَ ﻳَﺪَﻱْ ﻣﻨﺎﺟﺎﺗﻪ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ ﺃَﻓْﻀَﻞُ ﻭَﺃَﻭْﻟَﻰ ﺑِﺎﻟْﻔَﻀِﻴﻠَﺔِ.

Saya menyaksikan Syekh Ibnu Taimiyah ketika akan berangkat Jum'at. Ia mengambil apapun yang di rumahnya, roti dan sebagainya. Lalu ia sedekahkan secara rahasia selama di jalan. Ia berkata: "Jika Allah memerintahkan kita bersedekah saat sowan kepada Rasulullah shalallahu alaihi wasallam [QS Al-Mujadilah: 12], maka bersedekah saat bermunajat kepada Allah (shalat Jum'at) lebih utama lagi" (Zad Al-Ma'ad 1/395).

Sekali lagi, sedekah dianjurkan kapan saja. Sementara anjuran sedekah di hari Jum'at adalah karena keutamaan hari Jum'at.

(Oleh: Ustadz Ma'ruf Khozin)


Aktifkan Nada Sambung pribadi Tausiyah Ustadz Ma'ruf Khozin "LIMA ALAM KEHIDUPAN"

Dengan cara kirim SMS: LAKDO kirim ke 1212

Tarif: Rp. 3850 / 7 hari