Wujudkan Kemandirian, PCNU Metro Terima Rp185 Juta dari BMT

 
Wujudkan Kemandirian, PCNU Metro Terima Rp185 Juta dari BMT

LADUNI.ID, Metro - Dalam Rapat Anggota Tahunan (RAT) yang ke-7, Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Metro menerima uang sebesar Rp185 juta dari Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syari’ah (KSPPS) BMT Artha Buana Metro. RAT tersebut dilaksanakan di Aula Kampus Institute Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Kamis (20/2).

KSPPS BMT Artha Buana Metro merupakan badan usaha yang berada di bawah naungan PCNU Kota Metro sebagai bentuk komitmen PCNU Kota Metro dalam membangun kemandirian organisasi, di mana 20% SHU yang diperoleh BMT Artha Buana Metro setiap tahunnya diserahkan kepada PCNU Metro.

Menurut Ketua PCNU Metro yang juga Ketua Dewan Pengawas Syari’ah BMT Artha Buana Metro, KH. Ali Qomaruddin, gerakan kemandirian organisasi yang dilakukan ini merupakan mandat dari pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari.

“Satu abad yang lalu, tepatnya tahun 1918, Mbah Hasyim telah menyeru untuk menggerakan Nahdlatut Tujar. Dan dari situ terbentuk Syirkah Al Innan sebagai badan usaha bersama untuk kepentingan organisasi,” terang KH Ali Qomaruddin, sebagaimana dikutip Laduni.id dari laman nulampung.or.id, Jumat (21/2).

Pada RAT yang ke VII untuk Tahun Buku 2019, BMT Artha Buana Metro memperoleh SHU sebesar Rp925.214.000 sehingga PCNU mendapat bagian sebesar Rp185.043.000.

Sementara itu, Dra. Ratna Melia Sari, M.M selaku perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Lampung memberikan apresiasi kepada KSPPS BMT Artha Buana Metro yang dimanageri oleh Tri Setyorini, S.E, salah satu alumni IAIMNU Metro.

“Dari sekian banyak koperasi yang ada di Propinsi Lampung, banyak juga yang saat ini tumbang. Dan BMT Artha Buana merupakan salah satu yang konsisten menggelar RAT dan menyerahkan laporan ke Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Lampung, dan termasuk dalam kategori KSPPS BMT yang sehat,” terang Dra Ratna.

Sementara Ketua Pengurus KSPPS BMT Artha Buana Metro, Dr. Subandi menyampaikan laporan dan rencana kedepan dengan terus berupaya melakukan inovasi dalam promosi , pelayanan anggota dan pengembangan Lembaga.

Misalnya dengan memaksimalkan layanan e-channel mobile BMT yang mempermudah anggota dalam melakukan transaksi dapat melakukan transfer ke rekening sesame BMT dan ke Bank lain.

“Pengurus dan pengelola harus tetap teguh pada komitmen pengembangan kelembagaan BMT Artha Buana Metro sebagai salah satu bentuk kemandirian Nahdlatul Ulama yang sudah lama diidamkan oleh keluarga besar NU Kota Metro,” kata Ismail, M.M sebagai Pengawas Manajemen KSPPS BMT Artha Buana Metro.

Dalam kesempatan itu, ia juga memotivasi pengelola jika dapat melampaui pencapaian target sampai dengan 200% maka akan diberikan bonus umroh untuk karyawan.

RAT yang diselenggarakan di  Aula Kampus Institut Agama Islam Ma’arif NU (IAIMNU) Metro Lampung ini selain dihadiri oleh anggota, juga dihadiri oleh Dinas Koperasi dan UKM Propinsi Lampung, Kota Metro, Tulang Bawang dan Pringsewu, serta jajaran pengurus PCNU Kota Metro.