Menggapai Kebahagiaan Rumah Tangga dengan Memperhatikan 5 Hal

 
Menggapai Kebahagiaan Rumah Tangga dengan Memperhatikan 5 Hal
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Membina keluarga yang sakinah, mawaddah dan rahmah atau saling menyayangi adalah harapan semua orang. Kehidupan berkeluarga yang baik juga menjadi salah satu media untuk mencapai ridho Allah. Artinya, setiap keluarga dalam rumah tangganya selalu mendambakan kebahagiaan, baik di dunia maupun sampai akhirat.

Setidaknya ada lima hal yang perlu diperhatikan untuk membangun rumah tangga yang bahagia dengan tuntunan agama, yakni sebagaimana berikut:

1. Memperkokoh Rasa Cinta

Cinta merupakan perekat dalam kekokohan kehidupan rumah tangga. Bila rasa cinta suami kepada istri, atau sebaliknya, telah hilang dari hatinya, maka kehancuran rumah tangga sangat sulit dihindari. Oleh karena itu suasana saling mencintai harus selalu ditumbuh-suburkan dan diperkokoh, tidak hanya pada masa-masa awal kehidupan rumah tangga, tapi juga pada masa-masa selanjutnya hingga akhir hayat.

Rasulullah SAW sebagai seorang suami, telah berhasil membagi dan menumbuh-suburkan rasa cinta kepada semua istrinya, sehingga istri yang satu mengatakan dialah yang paling dicintai, begitu juga dengan istri yang lainnya. Meskipun memang terkadang ada sedikit gesekan bumbu rumah tangga. Tapi semua itu dilalui dengan penuh rasa sabar. Karenanya, Rasulullah SAW adalah orang yang paling baik pada keluarganya.

2. Menghormati Pasangannya

Saling mencintai itu harus diperkokoh dengan saling menghormati. Suami hormat kepada istri dengan memberikan penghargaan yang wajar terhadap hal-hal baik yang dilakukan istrinya. Begitu juga dengan istri terhadap suaminya dengan menerima apa-apa yang diberikan suami, meskipun terkadang jumlahnya tidak banyak.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN