Biografi KH. Abdurrohim Al-Baqir

 
Biografi KH. Abdurrohim Al-Baqir

Daftar Isi Profil KH. Abdurrohim Al-Baqir

  1. Kelahiran
  2. Keluarga
  3. Pendidikan
  4. Peranan di Masyarakat
  5. Mengasuh Pesantren
  6. Seorang Tabib Handal

Kelahiran

KH. Abdurrohim Al-Baqir lahir pada tahun 1941 di dusun Nongko Kerep Desa Sampurnan Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik Jawa Timur. Beliau merupakan putera dari Kiai Baqir bin Hasyim bin Abdurrohim bin Nidhomuddin dengan Nyai Afifah binti Ali binti Ismail.

Dari jalur Ayah masih ada keturunan darah Madura, yaitu KH. Nidhomuddin yang merupakan Guru Syaikhona Kholil Bangkalan. Ibunya merupakan salah satu keturunan pesantren tertua di Gresik, yaitu Pesantren Qomaruddin. Pesantren ini telah melahirkan orang-orang besar dan berpengaruh di tengah-tengah masyarakat. Keluarga Kiai Abdurrohim termasuk salah satu keluarga yang amat disegani oleh masyarakat. Mereka dihormati karena kesopanan serta tingkat keilmuannya yang tinggi. Abdurrohim kecil telah ditanamkan sifat-sifat religius sejak usia dini.

Ayahnya selalu mengingatkan akan pentingnya menjaga akhlak dan berhati-hati dalam bertutur kata. Maka tak heran apabila dia menjadi pribadi yang amat santun tutur katanya dan luas ilmu pengetahuannya. Seperti maqalah ulama’ mengatakan bahwa

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya