Gus Ulil: Jangan Sowan Rama Kiai Dulu

 
Gus Ulil: Jangan Sowan Rama Kiai Dulu

LADUNI.ID, Jakarta - Malam ini saya mendapat kabar duka yang amat menyayat hati. Bulik saya, Bunyai Ishmah Ulinnuha, isteri dari Kiai Ulinnuha Arwani, pengasuh pesantren tahfidz yang besar di Kudus, Yanbu'ul Qur'an, wafat. Saya sedih luar biasa.

Beliau wafat karena Covid-19. Dalam beberapa hari ini, Bunyai Ishmah dan Kiai Ulinnuha dirawat di sebuah RS di Semarang karena Covid-19. Alhamdulillah, kondisi Kiai Ulinnuha sudah membaik dan kita doakan beliau sembuh total dari virus ini. Tetapi, yang menyedihkan, Bunyai Ishmah tidak tertolong.

Berita ini menambah kesedihan saya yang luar biasa karena dalam beberapa waktu terakhir ini beberapa kiai kapundhut, wafat, karena serangan Covid-19. Sudah ada sekitar 25 pesantren yang menjadi kluster penyebaran Covid-19, demikian menurut data dari RMI (ikatan pondok-pondok di lingkungan NU) beberapa waktu lalu. Saya khawatir, jumlahnya makin bertambah sekarang.

Baca juga: Kyai Ulil Abshar Abdalla: Bunga-Bunga yang Berguguran

Menurut saya, ini kondisi yang sudah gawat dan menuntut kita untuk makin hati-hati. Oleh karena itu, saya menganjurkan beberapa hal berikut ini.

Pertama, hentikan sementara kegiatan sowan dan ziarah ke ndalem para rama kiai. Jika kita benar-benar mencintai dan menyayangi para kiai san masyayikh, maka wujud kecintaan kita itu adalah dengan menghentikan untuk sementara kegiatan sowan kepada beliau. Tunda

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN