Gelombang Pandemi Susulan dan Sikap Bijak Kita

 
Gelombang Pandemi Susulan dan Sikap Bijak Kita

LADUNI.ID, Jakarta - Terhitung sejak awal bulan Maret 2020 pemerintah secara resmi mengakui Indonesia menjadi negara terdampak covid19 yang disusul membentuk Satuan Tugas Gugus Nasional Covid19. Tak lama setelah itu kepala negara menyatakan status darurat nasional dengan mewabahnya covid19.

Covid19 adalah virus hasil mutasi dari virus influenza yang beberapa tahun sebelumnya pernah mewabah di Indonesia dan dunia. Kita masih ingat di tahun 2003 negeri kita termasuk negara yang yang terkena wabah SARS (infeksi saluran pernapasan akut). Tak lama kemudian di tahun 2006 kembali terjadi wabah avian influenza (flu burung). Keduanya disebabkan oleh keluarga virus mematikan yang sama.

Lalu kini hasil mutasi kedua jenis virus diatas menghasilkan jenis virus yang tipe baru yang luas dikenal dengan nama Corona Virus Desease 19. Tipe ini sangat berbahaya terutama jika dilihat cara penularannya. Tidak seperti jenis-jenis sebelumnya, virus Corona sangat mudah dan cepat menular. Melalui berbagai peralatan dan bahan bisa menjadi media transit virus ini. Meja, kursi, gagang pintu, peralatan rumah tangga, karpet, pakaian, kendaraan dan material lain yang dekat dengan kehidupan manusia bisa menjadi rumah singgah virus Corona. Sehingga bisa dikatakan perilaku sehari-hari manusia sudah nyata tersergap oleh banyak jebakan covid19.

Kemudian cara menjangkiti tubuh manusia juga sangat mudah karena virus baru tersebut akan cepat memperbanyak diri dalam cairan lendir manusia yang biasa terdapat dalam hidung, mulut dan mata kita. Maka tidak mengherankan pada awal masuknya covid19 ke negeri kita sangat memusingkan penyelenggara negara dan kebingungan melanda banyak kalangan.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN