Habib Ali Al-Habsyi Kwitang: Jangan Kalian Berani Menjatuhkan NU!

 
Habib Ali Al-Habsyi Kwitang: Jangan Kalian Berani Menjatuhkan NU!
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Salah satu ulama yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Betawi adalah Habib Ali Alhabsyi (1870-1968) di Kwitang. Beliau merupakan tokoh penting dalam jejaring habaib pada akhir abad ke-19 dan paruh pertama abad ke-20.

Hampir seluruh jejaring habaib di Nusantara dan Haramain terkoneksi dengannya. Bahkan beliau juga menghubungkan generasi sebelumnya dengan generasi setelahnya, juga antara ulama Nusantara dan ulama Hadrami.

Selain itu, Habib Ali Kwitang juga sangat perhatian terhadap NU. Pada suatu hari, para kyai berkumpul di Kantor Partai Nahdatul Ulama. Mereka duduk di atas karpet yang digelar di sebuah ruangan besar.

Pada musyawarah itu tampak hadir Habib Ali bin Abdurrahman Al-Habsyi atau lebih terkenal dengan Habib Ali Kwitang, Al-Habib Ali bin Husein Al-Athas atau Habib Ali Bungur, Al-Habib Muhammad bin Ali Al-Athas. Saat itu, Habib Ali Kwitang memenuhi undangan anak angkatnya, KH. Idham Chalid yang memang kebetulan ketika itu merupakan Ketua Umum PBNU.

Selesai musyawarah, semua hadirin tampak masih berada di tempat duduk masing-masing. Mereka akan menyantap hidangan yang disediakan oleh tuan rumah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN