Bagaimana Pengusaha China Menguasai Pasar Dunia?
LADUNI.ID, Jakarta - Kita tahu, produk-produk China telah menguasai banyak negara di dunia. Bukan hanya di negara-negara berkembang, tetapi juga merambah dan mampu menguasai pasar di negara-negara maju. Bagaimana cara pengusaha China menguasai pasar dunia? Untuk mengetahui jawabannya, semak tulisan Edward Tse (2018) berikut ini.
***
Dalam satu dekade terakhir, publik sudah terbiasa melihat perusahaan-perusahaan China bekerja sama dengan beragam bisnis di banyak negara di dunia. Bagaimanapun juga, upaya keras ini masih didominasi oleh perusahaan-perusahaan besar milik negara. Mereka memang dirancang untuk memenuhi prioritas pemerintah -khususnya, untuk mendapat akses terhadap sumber daya yang dibutuhkan China agar perekonomiannya dapat terus tumbuh. Sekitar awal 2000-an hingga 2012, banyak perusahaan negara China yang membeli energi ataupun sumber daya alami dari negara dengan ekonomi maju dan berkembang.
“Jatah” kepemilikan dan akuisisi energi dan tambang China meningkat dari di bawah 3% menjadi 15% pertahun. Satu pembelian yang paling patut diingat adalah pembelian yang dilakukan pada 2008. Perusahaan Chinalco, yang merupakan perusahaan milik negara sekaligus anggota Aluminum Corporation of China, membeli 9% saham dari tambang Rio Tinto. Lainnya di tahun 2013, adalah pembelian senilai $15,1 miliar (Rp204 triliun) terhadap perusahaan Kanada, Nexen, oleh China National Offshore Oil Corporation, sebuah perusahaan negara China investasi ke luar negeri terbesar yang pernah dilakukan China hingga saat buku
Memuat Komentar ...