Inilah 6 Orang Budak yang Menjadi Ulama Besar

 
Inilah 6 Orang Budak yang Menjadi Ulama Besar

LADUNI.ID, Jakarta - Di masa tabi’in, banyak bermunculan para ulama yang berasal dari mereka yang berstatus budak. Berikut enam di antaranya adalah:

1. Abu Aliyah

Abu Aliyah juga merupakan seorang ulama mufassir dari kalangan tabi’in, yang merupakan budak dari seorang perempuan dari Bani Riyah. Hidup di masa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sedangkan dia masih muda, kemudian masuk Islam di masa Abu Bakr Ash Shiddiq. (Siyar A’lam, 4/207)

Abu Aliyah Aliyah hafal Al Qur`an dan berguru ilmu qiraat kepada Ubai bin Ka’b. Dan ia pernah menyatakan,”Hendaklah kalian memplajari Al Qur`an lima ayat, lima ayat, karena hal itu lebih memudahkan bagi kalian untuk menjaganya, sebagaimana Jibril menurunkan lima ayat, lima ayat. (Siyar A’lam, 4/211)

2. Ikrimah

Ikrimah adalah seorang ulama tafsir dan seorang faqih di masa tabi’in. Ikrimah tidak berasal dari bangsa Arab, namun dari bangsa Barbar. Ada yang mengatakan bahwasannya Ikrimah adalah budak milik Hishin bin Abu Al Hurr Al Anbari, yang dihibahkan kepada Ibnu Abbas. (Siyar A’lam An Nubala`, 5/ 12).

Ikrimah memperoleh ilmu Al Qur`an dan fiqih dari Ibnu Abbas, dimana ia pernah mengatakan,”Ibnu Abbas mengikat kakiku dengan tali, agar aku belajar Al Qur`an dan Sunnah.” Bahkan Ikrimah sudah diperintahkan oleh Ibnu Abbas untuk berfatwa, dimana ia berkata,”Aku belajar selama empat puluh tahun, aku berfatwa di depan pintu, sedangkan Ibnu Abbas di dalam rumah. (Siyar A’lam An Nubala`, 5/14)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN