Biografi Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni

 
Biografi Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni

Daftar Isi Profil Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Pendidikan
  4. Sosok Ilmuwan
  5. Karya-Karya

Kelahiran

Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni dilahirkan di kota hawarazm (sekarang Uzbekistan) Asia Tengah pada tahun 362/973

Wafat

Abu Raihan Muhammad bin Ahmad Al-Biruni di kota Ghazna pada tahun 440/1048 . 

Pendidikan

Sejak kecil Al-Biruni sudah tertarik dengan matematika dan astronomi. Dalam perjalanan hidupnya, Al-Biruni mempelajari banyak disiplin ilmu pengetahuan seperti sejarah, geografi, fisika, filsafat, dan agama. 

Karena pergolakan politik yang ada pada saat itu, Al-Biruni berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Maklum pada saat itu ilmuwan Muslim –termasuk Al-Biruni- membaca, meneliti, dan melakukan eksperimen hingga menemukan teori di bawah pengawasan dan penjagaan seorang khalifah. Jika sang khalifah atau sultan menginginkannya, maka kehidupan ilmuwan terjamin. Begitu sebaliknya.

Merujuk buku Al-Biruni: Pakar Astronomi dan Ilmuwan Muslim Abad ke -11, mulanya Al-Biruni tinggal di istana Dinasti Banu Irak, yang menguasai sisi timur Khawarizm dengan ibu kota Kath. Namun ketika Abu Ali Ma’mun bin Muhammad dari Dinasti Ma’muni  mengalahkan Dinasti Banu Irak dan mempersatukan wilayah Khawarizm pada 995 M, Al-Biruni meninggalkan kota kelahirannya karena takut nyawaya terancam. Pada saat ini, Al-Biruni telah berhasil menyusun sebuah kitab berjudul Kartografi, tentang ilmu peta.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya