KH. Abu Chaer Kisahkan tentang Kiai Arwani Kudus yang Jago Kitab Kuning

 
KH. Abu Chaer Kisahkan tentang Kiai Arwani Kudus yang Jago Kitab Kuning

LADUNI.ID, Jakarta - Selama ini jika mendengar nama KH. Arwani Amin Kudus, yang terlintas adalah ulama ahli Qiraat. Atau jika pendengarnya orang-orang sepuh, maka yang terfikir beliau mursyid thariqoh. Jarang sekali yang menilik sisi kealiman KH. Arwani Kudus dalam bidang kitab kuning.

Nah, catatan KH. Abu Chaer bin Abdul Mannan Kaliwungu Kendal ini memberikan sedikit gambaran tentang itu.

KH. Abu Chaer adalah ulama besar asal Kaliwungu, Kendal. Masa mudanya, beliau habiskan untuk nyantri ke berbagai daerah di Jawa. Mulai dari Kaliwungu daerah asal beliau sendiri, Tebuireng Jombang, hingga Tremas Pacitan.

Guru-guru dan kitab-kitab yang KH. Abu Chaer pelajari, beliau rekam dalam sebuah kitab Minhah Al-Hannan fi Tarjamah Ibn Abdil Mannan. Kitab ini sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia (sebagaimana gambar di bawah ini).

Dalam kitab ini, KH. Abu Chaer menjelaskan bahwa pertama kali mondok di Tebuireng Jombang adalah pada bulan Syawal 1345 H. Beliau diterima di kelas V Madrasah Salafiyyah Tebuireng. Saat itu salah satu guru yang mengajar beliau adalah KH....

Dapatkan akses fitur artikel biografi dan chart geneology/ silsilah di Laduni.id secara berlangganan untuk mendukung keberlanjutan dan pengembangan Laduni.id.

Masuk ke Laduni