Kisah Singkat di Balik Penulisan Kitab Shalawat Dala’il Al-Khayrat

 
Kisah Singkat di Balik Penulisan Kitab Shalawat Dala’il Al-Khayrat

LADUNI.ID, Jakarta - Kitab Dala'il al-Khayrat (دلائل الخیرات) atau Dalaail u'l Khayraat Wa Shawaariq u'l Anwaar Fee Zikri Salaat Alan Nabiyyi'l Mukhtaar (artinya: Tanda Manfaat dan Cahaya Cemerlang Lampu dalam Peringatan Berkat pada Pilihan Nabi) adalah kumpulan doa yang terkenal untuk Nabi Islam Muhammad, yang ditulis oleh Sufi Maroko Shadhili dan cendekiawan Islam Muhammad Sulaiman al-Jazuli ash Shadhili (w. 1465 M./ 872 H.).

Imam Muhammad Aljazuli Al-Hasani penyusun kitab Dalailul Khairat, beliau adalah pengikut thariqoh Imam Abul Hasan As-Syadzili Al-Hasani. Alasan beliau mengarang kitab Dalailul Khairat dikarenakan pernah sekali waktu beliau ingin berwudhu lalu mendatangi sumur, ternyata di Sumur tersebut tidak ada timba dan tali untuk mencinduk air dari sumur tersebut.

Maka beliau pun duduk dalam keadaan kebingungan di depan sumur tersebut karena sudah dekat masuk waktu sholat. Tiba-tiba lewat seorang perempuan pengembala kambing melihat syekh Jazuli di pinggir sumur dalam keadaan bingung, maka perempuan tersebut berkata: "kamu mau air?”. Maka, Syekh Jazuli berkata “iya”.

Perempuan tersebut lalu meludah ke dalam sumur, maka air tersebut naik dengan sendirinya sampai ke bibir sumur. Syekh Jazuli takjub dengan apa yang dilakukan oleh perempuan tersebut dan bertanya, “bagaimana kamu bisa sampai ke derajat ini?”. Perempuan tersebut menjawab: “dengan shalawat kepada Nabi, Anda seorang Syekh bagaimana bisa tidak mengetahui

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN