Mbah Gareng Buyut Gus Dur yang Dimakamkan di Grobogan

 
Mbah Gareng Buyut Gus Dur yang Dimakamkan di Grobogan
Sumber Gambar: Foto (ist)

LADUNI.ID Grobogan - Simbah Gareng (Kering, sebutan masyarakat kepada beliau karena bertubuh kurus atau dalam bahasa jawa Gering/ Gareng) atau Kyai Khoiron mempunyai dua orang putra, yaitu Asyari dan Asngari.Dari Asyari menurunkan anak bernama Hasyim, Hasyim menurunkan Wachid, dan Wachid menurunkan Abdurrahman (Gus dur).

Sedangkan Asyngari menurunkan Baedlowi (Simbah Bolawi), Baedlowi menurunkan Sukemi, dan Sukemi menurunkan Zuhri (Kuwaron).

Baca Juga: Saat Mbah Mad Mranggen 'Menekuk' Logika Hukum Usulan Lokalisasi

Dengan demikian jelas kalau Kyai Khoiron atau Simbah Gareng (dimakamkan di Ngroto), adalah buyut dari Gus Dur yang pernah menjabat sebagai Presiden RI. dan Seorang Kakek dari Pendiri NU yaitu Kyai Hasyim Asyari.

alhamdulillah untuk Meneruskan sejarah yang hampir hilang, kami bermaksud melestarikan para leluhur yang telah diMakamkan di Ngroto agar Silsilah dan Sejarah tidak hilang terkikis oleh Zaman.

Mbah Gareng, Leluhur Gus Dur Yang Dimakamkan di Ngroto gubug grobogan

Ada sebuah makam sederhana namun punya nilai khusus yang berada di pekuburan desa Ngroto kec. Gubug. Warga setempat menyebutnya sebagai makam Mbah Gareng yang dipercaya secara turun temurun sebagai kakek buyut dari KH. Abdurahman Wahid alias Gus Dur Presiden RI ke-4. Mbah Gareng adalah nama panggilan dari Kyai Khoiron. Konon kyai Khoiron ini bertubuh kurus dan pendek sehingga dipanggil dengan sebutan “Gareng”.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN