Benarkah Ilmu Bisa Hilang di antara Selangkangan Wanita?

 
Benarkah Ilmu Bisa Hilang di antara Selangkangan Wanita?
Sumber Gambar: Pixabay, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Kitab "Al-Ulama' Al-'Uzzab Al-Ladzina Atsarul-'Ilma 'ala Az-Zawaj" karya Syaikh Abdul Fattah Abu Ghuddat, adalah kitab yang membahas tentang para ulama yang memilih "jomblo" seumur hidup demi Isytighal (menyibukkan diri) untuk mencari ilmu. Dalam Kitab ini tercatat ada sembilan belas ulama laki-laki yang menjomblo dan satu ulama perempuan.

Kemudian di dalamnya diuraikan pembahasan panjang terkait dengan berbagai alasan dan tanggapanya. Di antara keterangan tersebut berikut ini ringkasannya.

Dari sekian ulama yang memilih menjomblo seumur hidup ternyata tidak lepas dari kritikan ulama lain yang berbeda status. Di antara kritikan yang dilontarkan berbunyi sebagaimana berikut ini;

فَمَاالَّذِي حَدَا ِبهِمْ إِلَى تَرْكِ الزَّوَاجِ؟ مَعَ أَنَّهُمْ لَا يَجْهَلُوْنَ أَحْكَامَ النِّكَاحِ وَالْمُرَغَّبَاتِ فِيْهِ بَلِ الْفُقَهَاءُ مِنْهُمْ قَرَّرُوْهَا فِي كُتُبِهِمْ وَمُؤَلَّفَاتِهِمْ

"Bagaimana mungkin mereka tidak menikah? Sedangkan mereka tahu akan hukum menikah dan anjuran-anjurannya, bahkan mereka menulis itu di dalam kitabnya masing-masing." (Al-Ulama' Al-'Uzzab, Beirut, Maktabah An-Nahdloh, 1982 M/1402 H., hlm. 09)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN