Pentingnya E-Budgeting

 
Pentingnya E-Budgeting
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Dengan adanya perkembangan zaman pada masa sekarang ini banyak yang terpengaruh oleh perkembangan teknologi. Teknologi mempengaruhi ke dalam semua aspek yang berkaitan dengan manusia. Salah satu yang terpengaruh dengan adanya kemajuan terknologi adalah dalam bidang pemerintahan.

Dalam bidang pemerintahan pada masa sekarang ini sudah terpengaruh adanya kemajuan teknologi. Untuk hal-hal tentang pemerintahan, pada masa sekarang ini sudah menggunakan e-government. E-government merupakan pemerintahan elektronik. Sehingga segala informasi satu arah mengenai layanan pemerintah kepada masyarakat, saling tukar informasi dan komunikasi antara pemerintah dan masyarakat.

Baca Juga: Membangun Good Governance dengan Sistem E-Budgeting

Selain e-government, pemerintah juga melakukan e-budgeting dalam menjalankan salah satu tugas pokoknya. E-budgeting merupakan anggaran elektronik. E-budgeting digunakan untuk menyusun dan mengendalikan perencanaan anggaran dengan melakukan penelitian dan reviu anggaran untuk tahun berikutnya.

Dengan adanya e-budgeting maka masyarakat umum dapat mengakses atau mendapatkan informasi mengenai anggaran keuangan pemerintah daerah suatu daerah kota/kabupaten maupun provinsi dalam suatu tertentu. Di dalam e-budgeting terlampir keterangan-keterangan item yang telah dibeli/dianggarkan sehingga apabila terdapat kejanggalan maka akan terlihat secara jelas bagi siapapun yang mengaksesnya. Sehingga masyarakat luas dapat melakukan pengawasan terhadap kinerja suatu pemerintahan pada suatu periode berdasarkan data-data anggaran yang terdapat dalam e-budgeting suatu pemerintah daerah. Dan juga menjawab tantangan zaman yang membuat perkembangan teknologi semakin maju.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN