Inilah Pentingnya Berthariqah

 
Inilah Pentingnya Berthariqah
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Kalau kita sudah bersuci, berwudhu setiap hari lima kali, berapa kali kita membersihkan hati kita setiap hari? Kalau kita mandi, berwudhu, atau bersuci sudah jelas fisik kita akan bersih. Nah, bagaimana kita membersihkan hati yang letaknya ada dalam?

Padahal hati merupakan sumber dari segala penyakit. Mulut dan perilaku kita hanya mengikuti apa yang ada di dalam hati kita. Kalau hati kita tidak pernah dibersihkan, sedangkan alat untuk membersihkan hati manusia cuma berdzikir, bagaimana tingkah laku kita?

Nah, di sinilah pentingnya berthariqah, dengan berthariqah kita tidak hanya melatih mulut dan lidah kita untuk berdzikir, tapi juga hati kita. Begitu pula telinga, tangan, kaki, pendeknya semua anggota tubuh kita.

Jika setiap anggota tubuh kita diterangi oleh cahaya dzikir dan terlatih dengan dzikir, pada sakaratul maut tiba, misalnya, kita akan keluar dari dunia yang fana ini bidzikrillah, dengan dzikir kepada Allah dan akhirnya dengan khusnul khatimah.

Mari kita bersihkan hati kita dengan kalimah Laa Ilahailallah Muhammadur Rasulullah. Kalau hati kita sudah terwarnai dengan kalimat itu, kita akan merasa dilihat dan didengar oleh Allah SWT. Kita selalu khauf, yaitu takut sebagai makna Taqwa. Kita akan selalu raja’, mengharap kepada Allah, tidak kepada yang lain.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN