Ternyata Sumur Zamzam Pernah Hilang

 
Ternyata Sumur Zamzam Pernah Hilang
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID Jakarta - Sumur Zamzam merupakan sumber air yang tidak pernah habis di sepanjang tahun. Sumur ini pertama kali ada ketika masa hidup Nabi Ibrahim AS. Namun demikian, ternyata ditemukan bukti bahwa sumur Zamzam ini juga pernah hilang. Mungkin fakta ini jarang diketahui oleh banyak orang, tapi hal ini pernah diungkap oleh para peneliti.

Dikutip dari buku "Tarikh Al-Ka'bah" karya Prof. Dr. Ali Husni Al-Kharbuthli (Guru Besar Sejarah Islam di 'Ain Shams University, Kairo, Mesir), dikabarkan bahwa sejumlah sejarahwan berbeda pendapat mengenai hilangnya sumur Zamzam. Ada banyak pandangan mengapa mata air zamzam bisa hilang.

Pertama, faktor geografis. Pandangan ini menyebutkan bahwa mata air zamzam hilang karena tertutup saat hujan. Sebagian lagi, katanya ada banjir bandang yang melanda Makkah jauh sebelum kelahiran Nabi Muhammad SAW. Tetapi, sebagian besar sejarawan justru meyakini hilangnya sumur Zamzam karena faktor kesengajaan.

Kedua, faktor teologis. Kabilah Jurhum berbuat maksiat dan melakukan kezaliman, sehingga Allah SWT menimpakan azab pada mereka dengan menghilangkan air zamzam, sumber kehidupan masyarakat Arab. 

Pandangan lain mengatakan, bahwa mata air zamzam hilang karena musuh kabilah Jurhum sengaja menutupi mata air zamzam dengan barang bawaan mereka yang sangat banyak. Dan disebutkan juga bahwa mata air zamzam hilang tidak hanya setahun dua tahun, tapi sampai tiga tahun. Ini didasarkan pada bukti adanya kisah pemimpin Makkah yang hidup jauh sebelum masa Abdul Muthalib, yaitu Madhadh bin Amru Al-Jurhumi. Kala itu, dia terlibat peperangan dengan musuhnya dan kalah. Karena kekalahan itu, dia menyadari akan diusir dari Makkah. Untuk mengantisipasi hal itu, maka Madhadh memutuskan untuk menutup sumur Zamzam dan mulai saat itu, penduduk Makkah selalu menggali sumur karena persediaan air yang ada sangat sedikit.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN