Kematian adalah Nasihat Terbaik Bagi Manusia

 
Kematian adalah Nasihat Terbaik Bagi Manusia
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta – Barang kali kita sering mendengar atau menjumpai fenomena, orang yang datang kepada orang yang diseganinya untuk meminta nasehat, meskipun hanya satu kata. Tentunya dengan harapan bahwa nasehat itu akan berguna baginya dalam hidup di dunia maupun akhirat kelak. Lantas, apa kira-kira jawaban yang tepat, singkat dan padat untuk pertanyaan tersebut?

Rasulullah Saw pernah bersabda, “Cukuplah kematian sebagai nasehat.”

Ya, kematian. Sebuah kata yang sangat tepat untuk mewakili jawaban atas semua permintaan nasehat dari seseorang. Kematian, satu kata yang singkat tapi sarat makna dan penuh dengan pelajaran dan hikmah.

Ketika disebut kata kematian, maka yang terbetik di benak adalah berpisahnya ruh dengan jasad, berpindahnya seseorang dari semua kesenangan dunia menuju alam lain yang dia sendiri tidak tahu apakah menyenangkan atau sebaliknya. Dan proses awal seseorang menginjakkan kaki di alam akhirat.

Sungguh mengerikan, rasa sakitnya bagaikan 70 kali sabetan pedang. Banyak orang berusaha berlari untuk menghindarinya. Mengharukan, banyak juga yang meneteskan air mata menyaksikannya. Menegangkan, karena seseorang tidak tahu kemana arah kembalinya. Apakah ke surga ataukah ke neraka.

Lalu, kapankah kita mati? Dan dimana?

Allah menurunkan jawaban akan pertanyaan ini dari atas langit tingkat tujuh dengan firman-Nya:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN