Menyimak Ijazah Maulid Al-Barzanji dari Mbah Sahal Mahfudz

 
Menyimak Ijazah Maulid Al-Barzanji dari Mbah Sahal Mahfudz
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap tahun, selalu saja dimeriahkan peringatan Maulid Nabi di masjid Jami' Roudlotul Muttaqien Desa Pangkalan Kec. Sobang Kab. Pandeglang. Kepanitiaan di bentuk, berbagai lomba di adakan, santunan anak yatim, pembacaan kitab Maulid Barzanji dan puncaknya adalah pengajian umum.

Di suatu malam, bersama warga desa pangkalan, kita berkumpul untuk membacakan kitab Maulid Al-Barzanji. Maulid Al-Barzanji merupakan kitab yang berisikan khulasoh (ringkasan) Sirah Nabawiyah yang meliputi kisah kelahiran beliau, pengutusannya sebagai rasul, hijrah, akhlak, peperangan hingga wafatnya, pujian-pujian kepadanya, serta doa-doa.

Dalam kesempatan itu, oleh Panitia, saya diminta untuk membaca doa usai pembacaan kitab Maulid Al-Barzanji oleh tim yang juga di bentuk panitia. Sebenarnya nama asli kitab Maulid Al-Barzanji adalah I’qdul Jauhar fi Maulid an Nabiyyil Azhar, tapi lebih populer dengan sebutan Al-Barzanji sebab disandarkan kepada pengarangnya atau sebagian yang lain menyebutnya kitab Marhaban.

Pengarang kitab Maulid Al-Barzanji adalah Syaikh Ja’far bin Hasan bin Abdul Karim Al-Barzanji yang lahir pada hari Kamis awal bulan Zulhijjah tahun 1126 H di Madinah Al-Munawwaroh dan wafat pada hari Selasa, selepas Ashar, 4 Sya’ban tahun 1177 H di Madinah dan dimakamkan di Jannatul Baqi’. Disebutkan bahwa nasabnya sampai kepada Nabi Muhammad SAW dari keluarga saadah Al-Barzanji yang termasyhur.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN