Tahun 859 M: Fatimah Al Fihri, Perempuan Pendiri Universitas Pertama di Dunia Era Keemasan Islam

 
Tahun 859 M: Fatimah Al Fihri, Perempuan Pendiri Universitas Pertama di Dunia Era Keemasan Islam
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: Laduni.ID

Laduni.ID Jakarta – Dalam sejarah yang jarang diketahui publik,ada seorang perempuan Muslim hebat mendirikan universitas pertama di dunia. Memang tidak ada sumber popular di luar buku-buku sejarah akademik, mengenai zaman keemasan peradaban Islam yang pernah menyebutkan fakta semacam itu.

Sebaliknya, kebanyakan orang cenderung berpikir bahwa Islam tidak akan pernah mengizinkan perempuan, untuk menghadiri kelas-kelas di madrasah, yang didirikan pada awal abad ke-9.

Sebenarnya, masa-masa itu, perempuan Muslim sangat aktif dalam studi skolastik tentang Islam awal.

Ummul Mukminin Aisyah merupakan salah satu istri Nabi Muhammad SAW, salah satu di antara ahli hukum Islam dan perawi hadits terkemuka pada masanya.

Banyak para ulama tabi'in yang belajar kepada beliau, seperti Aisyah binti Thalhah, Thalhah bin Abdullah, Thalhah bin Yahya, Muawiyah bin Ishaq, Minhal bin Amr, Fudhail bin Amr al-Faqimi, Hubaib bin Abu Amrah, Atha' bin Abi Rabah, Umar bin Said, Auf bin Al-harits bin Ath-Thufail, Abdullah bin Muhammad bin Abi Bakar Ash-Shiddiq, Hafshah binti Abdirrahman, Asma’ binti Abdirrahman, Abdullah bin Abi ’Atiiq, Muhammad bin Abdirrahman bin Abi Bakar, Abdullah bin Zubair dan ’Urwah bin Zubair, Abu Yunus, Dzakwan (Abu ’Amr), Ibnu Farukh (maula ’Aisyah) Radhiyallahu Anhum.

Baca Juga: 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN