Kekuatan Ayat Kursi yang Luar Biasa

 
Kekuatan Ayat Kursi yang Luar Biasa
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Dari sekian banyak ayat dalam Al-Qur’an, ada satu ayat yang sangat spesial. Bahkan Gus Baha tidak bisa tidur sebelum membaca ayat tersebut. Ayat Kursi, ayat tersebut terdapat pada surat Al Baqarah ayat 225 dan ini merupakan ayat yang spesial, ayat yang luar biasa hebat. Banyak ilmu yang bisa didapat bila membedah ayat kursi secara mendalam.

Dalam ayat kursi terdapat lafadz “allahu la ilaha illa huw, al-ḥayyul-qayyụm”, “Lafadz ‘Al-Hayyu itu (berarti) Dzat yang hidup, karena itu yang paling mudah membedakan Allah dengan Nabi Isa as, dengan berhala, dengan semuanya yang selain Allah, adalah kehidupan,” kata Gus Baha ketika menjelaskan tentang kekuatan ayat kursi.

Yang membedakan Allah dengan makhluk-Nya adalah kehidupan, sebab semua makhluk yang Allah ciptakan pasti akan mengalami akhir, yaitu kematian. Tidak hanya Yang Maha Hidup, Allah juga tidak bergantung pada apapun, berbeda dengan makhluk ciptaan-Nya yang bergantung pada makhluk lain atau bahkan bergantung pada Allah sekalipun.

“Kemudian disifati lagi dengan Al-Qayyum. Apa artinya hidup kalau bergantung pada yang lain, bergantung pada makhluk yang lain itu tidak keren, karena bergantung itu tidak keren. Al-Qayyum artinya Allah itu berdiri sendiri. Wah, itu kan terus (membuat saya) senang,” kata Gus Baha.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN