Potongan Rambut dan Potongan Pikiran

 
Potongan Rambut dan Potongan Pikiran
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Menjadi berdikari dalam bersikap atau bahkan menjadi “adil sejak dalam pikiran” seperti ujaran terkenal dari Pramoedya Ananta Toer itu, terkadang bisa dilihat dan dimulai dari hal yang sangat sederhana. Ya, bisa dimulai dari hal yang sangat sepele sekali seperti pemilihan gaya rambut.

Kenapa saya bisa berpendapat seperti itu?

Sejenak dalam pengamatan yang agak nakal, saya tercenung ketika mendapati fakta bahwa urusan potong memotong rambut dan pilihan gayanya ini meski terkesan hal yang sangat biasa-biasa saja, sesungguhnya ia menyimpan suatu wawasan psikologis yang besar, yang berkaitan langsung dengan ceruk terdalam penggerak kepribadian kita. Itu semua adalah tentang mesin bernama pikiran.

Lalu apa hubungannya pikiran dengan gaya rambut? Bahkan apa hubungannya dengan berdikari dalam bersikap?

Begini kawan-kawan, ketika kita mendatangi tukang potong rambut pastinya akan ditanya mau cukur dengan gaya yang bagaimana, apakah mau cepak, undercut, quiff, atau mohawk dengan berbagai variannya, dll.

Sedang yang memutuskan kita mau cukur bagaimana itu, pasti yang melatari adalah sebuah keinginan yang tumbuh dari pikiran kita bukan? Dan untuk itu, saya ingin mengajak kalian sejenak flashback jauh ke masa lalu kita, ke masa-masa dimana kita masih bocah dan berstatus sebagai siswa sekolah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN