Sekilas tentang Keindahan Paras serta Keluhuran Akhlak Rasulullah SAW

 
Sekilas tentang Keindahan Paras serta Keluhuran Akhlak Rasulullah SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Setiap insan di relung hatinya masing-masing pasti memiliki rasa yang dinamakan “cinta”. Cinta bak sebuah rasa yang tiba-tiba muncul ketika melihat sesuatu yang bersifat sesuai dan cocok dengan kriteria serta tipe dari sang pemilik rasa. Dari deskripsi ini, kita bisa tarik kesimpulan sederhana bahwa “Cinta tak akan timbul kecuali setelah terpenuhinya kriteria dari sang pecinta.”

Setiap individu pun berbeda dalam mematok tipe ataupun kategori cintanya masing-masing. Ada yang merasa cukup dengan satu kriteria saja, atau bahkan ada yang merasa bahwa ia mampu mencintai seseorang jika telah terpenuhi kriteria yang sangat banyak sekali. Tetapi apakah kriteria yang mana pada umumnya dengan hal itu seseorang layak untuk dicintai?

Rasulullah SAW pernah bersabda:

تُنْكَحُ الْمَرْأَةُ لِأَرْبَعٍ: لِمَالِهَا وَلِحَسَبِهَا وَلِجَمَالِهَا وَلِدِيْنِهَا، فَاظْفَرْ بِذَاتِ الدِّيْنِ تَرِبَتْ يَدَاكَ

“(Biasanya) ada empat kriteria seorang perempuan dinikahi, (yakni) karena hartanya, kedudukannya (martabatnya), parasnya, serta karena agamanya. Maka, pilihlah yang karena agamanya, niscaya kamu tidak kesusahan (beruntung).” (HR. Muslim)

Meskipun Hadis yang tertutur menunjukkan konteks yang terbatas, yaitu kriteria cinta kepada seorang perempuan, akan tetapi tak ada salahnya memperluas konteks Hadis kepada kriteria cinta secara umum.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN