Kisah KH. Abdul Hamid Pasuruan dan Seorang Pemuda

 
Kisah KH. Abdul Hamid Pasuruan dan Seorang Pemuda
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta - KH. Abdul Mu’thi atau yang biasa dipanggil dengan sapaan KH. Abdul Hamid Pasuruan merupakan seorang waliyullah yang masyhur pada masanya. Habib Umar Muthohar mengisahkan salah satu karomah beliau yang dapat mengetahui isi hati seseorang.

Habib Umar menjelaskan bahwa wali juga seorang manusia pada umumnya, butuh makan, tidur, bisa lelah, bisa marah, dan sifat lainnya yang terdapat pada manusia umumnya. Habib Umar juga menambahkan jika Kanjeng Nabi SAW juga seorang manusia biasa, namun karena beberapa keistimewaan yang diberikan oleh Allah, membuat Nabi berbeda dengan manusia pada umumnya.

“Wali juga manusia, Kanjeng Nabi juga manusia. Maka dikatakan, Muhammadun basyarun laa kalbasyari, Kanjeng Nabi Muhammad itu manusia, tetapi tidak seperti manusia biasa. Tidak seperti manusia, tapi manusia. Shollu 'Alan Nabi. Wali juga begitu, manusia yang diberikan kemuliaan oleh Allah. Kemuliaan itu namanya karomah. Tapi tetap bisa sakit, lelah, makan, minum, tidur,” kata Habib Umar dalam unggahan Youtube Ngaji Hijrah.

Mbah Hamid saat itu baru selesai mengerjakan wirid setelah Shalat Subuh, dan hendak beranjak menginggalkan masjid. Namun beliau melihat sudah banyak orang menunggu di teras rumahnya yang tak jauh dari masjid.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN