Ketika Unta Meluapkan Cinta kepada Rasulullah SAW

 
Ketika Unta Meluapkan Cinta kepada Rasulullah SAW
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Dulu, jika hendak berangkat ibadah haji, maka masyarakat sekitar Kota Makkah akan menggunakan binatang sebagai kendaraan untuk menuju ke Madinah, misalnya saja unta. KH. Maimoen Zubair sering bercerita bahwa dulu ayahanda beliau, KH. Zubair masih melihat momen jamaah haji menggunakan unta sebagai alat transportasi.

Unta-unta tersebut seketika melaju tak terkendali ketika melihat kubah hijau yang di bawahnya terdapat makam Rasulullah SAW. Ketika kubah hijau yang berada di atas makam Rasulullah SAW sudah tampak dari kejauhan, maka akan membuat unta atau keledai berlari kencang tanpa kendali, bersegera menuju makam manusia mulia itu.

Kawanan unta itu akan berlari kencang karena kerinduan yang teramat besar kepada Rasulullah SAW. Tidak hanya unta, bahkan keledai yang juga menjadi salah satu alat transportasi saat itu, akan ikut juga berlari kencang agar cepat sampai di makam Rasulullah SAW.

Imam Ibnu Ad-Diba'i pernah menceritakan fenomena luar biasa tersebut. Beliau mengatakan bahwa hal tersebut merupakan luapan cinta yang teramat besar. Gambaran cinta itu sebagaimana diungkapkan di dalam Kitab Maulid Ad-Diba'i.

أَلَـمْ تَرَهَا وَقَدْ مَدَتْ خُطَاهَا وَسَالَتْ مِنْ مَدَامِعِهَا سَحَائِبُ

“Tidakkah engkau lihat unta itu semakin cepat langkahnya, bercucuran deras air matanya, bagaikan hujan yang tercurah dari mendung.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN