Tahun 1960 M: Kisah Persahabatan 6 Kyai Pecinta Makam Waliyullah

 
Tahun 1960 M: Kisah Persahabatan 6 Kyai Pecinta Makam Waliyullah
Sumber Gambar: Ilustrasi/Museum Kota Langsa

Laduni.ID, Jakarta - Pada kisaran tahun 1960-an, terdapat enam pemuda yang memiliki kecintaan mendalam terhadap makam para auliya’ (wali Allah), yang berziarah dari satu makam ke makam lainnya. Di antara mereka adalah Gus Dur, Gus Miek, Burhan Demak, Hambali Lasem, Shobib Jepara, dan saya sendiri," tutur Mbah Kyai Abu Bakar dengan penuh kenangan di teras Mushola Pondok Pesantren Tarbiyatul Wathon.

Beliau melanjutkan, "Saat itu, usia kami berkisar antara 20 hingga 25 tahun. Pemimpin yang kami daulat dalam perjalanan ziarah tersebut adalah Gus Miek."

Kisah persahabatan enam pemuda yang berkelana demi menziarahi makam-makam wali tersebut sesungguhnya bukanlah hal baru bagi saya.

Saya pernah mendengar kisah ini dari beliau sebelumnya. Namun, karena masih banyak yang belum mengetahui cerita ini, Mbah Kyai Abu Bakar dengan sabar kembali mengulangnya, seakan menghidupkan kembali memori perjalanan spiritual mereka di masa muda.

Dari keenam orang tersebut, lima orang sudah menghadap Ilahi Robbi dan semuanya menjadi kyai dengan tugasnya masing-masing serta masyhur cerita tentang kewaliannya. Yang masih hidup hingga saat ini berarti hanya tinggal Mbah Kyai Abu Bakar.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN