Kisah Legenda, Fabel Aesop: Singa dan Tikus

 
Kisah Legenda, Fabel Aesop: Singa dan Tikus
Sumber Gambar: Ilustrasi/Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Setelah sebelumnya membahas kisah Rubah dan Anggur Masam, dan kisah Belalang dan Semut, Fabel Aesop kali ini akan membahas kisah persahabatan antara Singa dan Tikus. Kisah yang menggambarkan tentang betapa pentingnya manusia dalam berhubungan sosial dengan sesamanya atau dengan makhluk hidup lainnya.

Suatu ketika, di sebuah hutan yang rimbun hiduplah seekor singa yang gagah perkasa, tak heran jika ia ditakuti oleh penghuni hutan lainnya. Hewan lain menjulukinya sebagai sang Raja Hutan. Selain perkasa, singa juga hewan yang berani dan gila hormat. Ia paling tidak suka ada hewan lain yang memasuki wilayahnya, apalagi hingga mengganggu waktu tidurnya. Jika ada yang berani mengganggunya sewaktu tidur, ia akan sangat marah bahkan memakan hewan yang mengganggunya.

Suatu hari seekor tikus kecil sedang bermain-main, ia berlari ke sana ke mari tak tentu arah, hingga tanpa sengaja ia memasuki wilayah sang singa. Melihat singa yang sedang tertidur tikus merasa ketakutan, ia memutuskan untuk segera pergi agar tak membangunkan singa.

Tiba-tiba suara langkah kaki tikus terdengar oleh singa dan membangunkannya. Singa sangat marah melihat tikus memasuki wilayahnya, bahkan sampai membangunkannya. Singa yang marah pun langsung menangkap hewan mungil itu, tikus pun tak dapat berbuat apa-apa.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN