Tahun 767-820 M: Kisah Imam Syafi’i, Masa Kecil, Menuntut Ilmu, Hingga Wafat

 
Tahun 767-820 M: Kisah Imam Syafi’i, Masa Kecil, Menuntut Ilmu, Hingga Wafat
Sumber Gambar: Imam Syafi'i (Foto Istimewa)

Laduni.ID, Jakarta – Imam Syafi’i merupakan pendiri mazhab Syafi’i yaitu mazhab fikih yang banyak pengikutnya. Imam Syafi’i adalah satu-satunya imam mazhab dari keturunan bani Muththalib yang nasabnya tersambung sampai Rasulullah SAW melalui Abdul Manaf.

Imam Syafi’i memiliki nama lengkap Muhammad bin Idris bin Abbas bin Usman. Beliau lahir di Ghaza, Palestina (riwayat lain lahir di Asqalan, perbatasan dengan Mesir) pada tahun 150 H, pada tahun yang sama dengan meninggalnya Imam Abu Hanifah. Beliau dilahirkan dalam keadaan yatim, diasuh dan dibesarkan oleh ibunya dalam kondisi serba kekurangan (miskin).

Masa Kecil Imam Syafi’I dan Perjalanan Menuntut Ilmu

Sejak kecil beliau sudah tekun dalam belajar menuntut ilmu yang diawali dengan membaca, menulis, dan menghafal Al-Qur’an, terbukti ketika beliau berusia tujuh tahun dikenal sebagai murid yang sangat cerdas.

Sehingga pada usia tujuh tahun, beliau sudah mampu menghafal Al-Qur’an dengan lancar. Setelah itu kemudian beliau pergi ke kampung Bani Huzail untuk mempelajari sastra Arab dani Bani Huzail yang dikenal harul bahasanya. Sampai pada akhirnya beliau bertemu dengan Muslim bin Khalid Az Zanji yang wafat pada tahun 179 H menyarankan beliau agar mempelajari ilmu fikih.

  • Baca juga

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN