Manusia dan Jin Akan Mati, Berapa Batas Umur Jin?

 
Manusia dan Jin Akan Mati, Berapa Batas Umur Jin?
Sumber Gambar: Ilustrasi jin simisi1 / Pixabay

Laduni.ID, Jakarta - Jin dan manusia di dunia akan mati. Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam salah satu doanya, beliau melantunkan:

أَعُوذُ بِعِزَّتِكَ، الَّذِي لاَ إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ الَّذِي لاَ يَمُوتُ، وَالجِنُّ وَالإِنْسُ يَمُوتُونَ

Artinya: “Aku berlindung dengan kemuliaan-Mu yang tidak ada Tuhan yang berhak disembah selain Engkau. Dzat yang tidak akan mati. Sementara jin dan manusia akan mati.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Adapun berapa umur jin tidak ada dalil atau nash yang menjelaskan batasan usia jin. Namun, buku Ensiklopedia Ruqyah karya Iding Sanus menyebut keyakinan banyak orang, khususnya yang suka berhubungan dengan jin, bahwa mereka (jin) berumur panjang, sampai sebagian mereka menegaskan bahwa jin berusia sampai ribuan tahun.

Buku ‘Alamul Jinni wa asy-Syayathiin, karya Syaikh Umar Sulaiman Al-Asyqar , menjelaskan adapun umur jin dan setan tiada yang mengetahuinya. Kecuali Iblis Al La’in (yang terlaknat), ia akan tetap hidup hingga hari kiamat sebagaimana disebutkan dalam ayat

قَالَ رَبِّ فَأَنْظِرْنِي إِلَى يَوْمِ يُبْعَثُونَ (79) قَالَ فَإِنَّكَ مِنَ الْمُنْظَرِينَ (80) إِلَى يَوْمِ الْوَقْتِ الْمَعْلُومِ (81) قَالَ فَبِعِزَّتِكَ لَأُغْوِيَنَّهُمْ أَجْمَعِينَ (82) إِلَّا عِبَادَكَ مِنْهُمُ الْمُخْلَصِينَ (83)9

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN