Tentang Keutamaan Umat Nabi Muhammad yang Membuat Iri Nabi Musa

 
Tentang Keutamaan Umat Nabi Muhammad yang Membuat Iri Nabi Musa
Sumber Gambar: Pinterest, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Nabi Muhammad SAW adalah makhluk Allah yang paling mulia, pemimpin para nabi dan rasul. Menjadi umat Rasulullah SAW adalah impian para ummat terdahulu, bahkan diterangkan dalam berbagai riwayat bahwa para nabi pun berkeinginan untuk menjadi umat Nabi Muhammad SAW

Sebagaimana dikutip dari kitab Sabilul Idzkar wal I’tibar karya Habib Abdullah bin Alawi Al-Haddad, dikisahkan, ketika Nabi Musa AS bermunajat di Gunung Thursina untuk “bertemu” Allah SWT, beliau mengajukan beberapa permintaan terkait isi dalam Lauh-lauh (Taurat) yang diterimanya.

Nabi Musa AS berkata: “Ya Tuhanku, aku melihat di Lauh-lauh itu disebutkan suatu umat yang menjadi umat terbaik yang pernah terlahir ke dunia. Mereka menyuruh sesamanya untuk berbuat kebaikan dan mencegah sesamanya berbuat kemungkaran. Ya Tuhanku, jadikanlah mereka itu sebagai umatku.”

Allah SWT menjawab: “Itu adalah umat Muhammad.”

Nabi Musa AS berkata lagi: “Ya Tuhanku, aku melihat di Lauh-lauh itu disebutkan suatu umat yang menjadi umat terakhir yang diciptakan, namun mereka adalah umat yang paling dahulu masuk Surga. Ya Tuhanku, jadikanlah mereka itu sebagai umatku”.

Allah SWT menjawab: “Itu adalah umat Muhammad.”

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN