Tujuh Amalan ini Pahalanya Setara dengan Haji

 
Tujuh Amalan ini Pahalanya Setara dengan Haji
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

 

Laduni.ID, Jakarta - Haji itu perkara wajib yang mesti ditunaikan oleh semua umat muslim yang mampu. Tetapi bagi orang yang tidak memiliki harta, sakit, sudah tua serta lemah, atau terhalang wabah virus dan lain sebagainya, maka terdapat amalan lainnya yang jika dikerjakan insyaAllah juga berpahala seperti haji, di antaranya adalah :

1. Shalat Berjamaah di Masjid

مَنْ مَشَى إِلَى صَلَاةٍ مَكْتُوبَةٍ وَهُوَ مُتَطَهِّرٌ فَأَجْرُهُ كَأَجْرِ الْحَاجِّ الْمُحْرِمِ

“Barangsiapa keluar dari rumahnya menuju masjid dalam keadaan sudah bersuci (wudhu) untuk melakukan shalat fardhu (dengan cara berjamaah) maka pahalanya seperti pahala orang yang sedang melaksanakan haji yang berihram” (HR. Abu Dawud no. 554 & Ahmad V/268, lihat Shahiihul Jaami’ no. 6228)

2. Melakukan Shalat Israq

مَنْ صَلَّى الْغَدَاةَ فِى جَمَاعَةٍ ثُمَّ قَعَدَ يَذْكُرُ اللَّهَ حَتَّى تَطْلُعَ الشَّمْسُ ثُمَّ صَلَّى رَكْعَتَيْنِ كَانَتْ لَهُ كَأَجْرِ حَجَّةٍ وَعُمْرَةٍ ».  قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « تَامَّةٍ تَامَّةٍ تَامَّةٍ

“Barangsiapa yang shalat shubuh berjama’ah, kemudian dia duduk berdzikir kepada Allah sampai matahari terbit, kemudian shalat dua raka’at, maka pahala amalnya sama dengan pahala haji dan umrah sempurna, sempurna, sempurna” (HR. At-Tirmidzi no. 583 dan juga ath-Thabrani no. 7649, 7663, haditsnya dari Anas bin Malik, Shahiihut Targhiib no. 468) 

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN