Bentuk Fitnah Dajjal

 
Bentuk Fitnah Dajjal
Sumber Gambar: Ilustrasi (foto ist)

Laduni.ID, Jakarta - Munculnya Dajjal merupakan salah satu tanda hari kiamat kubra (tanda-tanda yang besar). Artinya, tanda-tanda yang muncul mendekati hari kiamat dan bukan tanda yang biasa terjadi. Seperti munculnya Dajjal, turunnya Isa, munculnya Ya’juj dan Ma’juj, serta terbitnya matahari dari sebelah barat. (Lihat At-Tadzkirah karya Al-Imam Al-Qurthubi rahimahullahu hal. 264, Fathul Bari 13/485, dan Ikmal Mu’allim Syarah Shahih Muslim, 1/70)

Kemunculan Dajjal bagi umat Islam sangat dikhawatirkan karena merupakan tanda kiamat dan selain itu juga akan membuat akidah umat muslim dibolak-balik lewat fitnahnya.

Fitnah Dajjal merupakan paling besar dibandingkan fitnah-fitnah yang lainnya, sebab ia akan menyesatkan orang melalui fitnahnya. Dan melalui fitnah inilah keimanan umat Muslim akan diuji. Fitnah yang dilakukan Dajjal banyak sekali, di antaranya:

1. Bersamanya ada surga dan neraka

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata: “Dajjal cacat matanya yang kiri1, keriting rambutnya, bersamanya surga dan nerakanya. Nerakanya adalah surga dan surganya adalah neraka.” (HR. Muslim, no. 2934)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN