Clifford Geertz, seorang antropolog Amerika, memperlkenalkan konsep abangan, priyayi, dan santri dalam karyanya yang berjudul The Religion of Java pada tahun 1960 Masehi. Dalam studinya tentang masyarakat Jawa, Geertz membagi struktur sosial Jawa berdasarkan agama ke dalam tiga kategori ini untuk memahami dinamika dan kompleksitas budaya dan keagamaan masyarakat Jawa pada masa itu.
Pasca tragedi berdarah tahun 1965 antara PKI dan kaum santri, banyak masyarakat menolak adanyan kaum abangan di wilayah mereka
Pada awal abad ke-9 Masehi, Kekaisaran Bizantium tengah berada dalam situasi yang rumit secara politik dan militer. Kaisar Nicephorus I, yang berkuasa dari tahun 802 Masehi, memiliki ambisi besar untuk memperluas kekaisaran dan memperkuat otoritasnya. Pilihan Nicephorus ada dua, antara melawan Kekhalifahan atau Bulgaria yang pada masa itu semakin kuat dan bersatu di bawah kekuasaan Khan Krum.a
Rasa perlawanan orang Aceh terhadap Belanda memang bukan hanya karena persoalan membenci penjajah, tetapi juga orang Belanda dianggap sebagai kafir, yang darahnya dihalalkan.
Wahsyi bin Harb adalah seorang budak asal Habasyah (Ethiopia) yang dimiliki oleh Hindun binti Utbah, seorang istri dari pembesar Quraisy, yaitu Abu Sufyan. Ia dikenal dalam sejarah Islam karena perannnya dalam Perang Uhud. Tindakannnya dalam perang ini, di mana ia membunuh paman Rasulullah SAW, Hamzah bin Abdul Muthalib, menjadi salah satu momen kesalahan terbesar dalam hidupnya.
Dalam catatan sejarah, dakwah pada tahapan ini menghasilkan sekitar 40 orang Muslim, laki-laki dan perempuan. Kebanyakan mereka adalah orang miskin, budak, dan orang Quraisy yang tidak punya kedudukan.
Kaisar Xianzong dari Dinasti Tang yang memerintah dari tahu 805-820 Masehi adalah penguasa ambisius yang berperan penting dalam upaya memperkuat kembali otoritas pusat di mana pemerintahannya penuh dengan tantangan.
l-Amin menjadi khalifah, diberi kekuasaan atas Baghdad dan wilayah barat kekhalifahan, sementara Al-Makmun memerintah di Khurasan dan wilayah timur, dengan potensi wilayah yang strategis dan begitu kaya. Namun, pembagian itu justru menjadi benih konflik besar di antara kedua putra Harun.
Kasultanan Islam Malaka di Johor menguasal perdagangan dan pelayaran Asia Tenggara saat diperintah Sultan Mahmud Syah sefa 1488 M, menggantikan ayahnya Sultan Alaudin Syah.
Selain kedalaman ilmu agamanya, Kiai Abbas dikenal seantero tanah Jawa sebagai seorang pendekar karena kedigdayaan dan kesaktiannya. Kesaktian Kiai Abbas ini sejak awal diketahui oleh Hadlratusyekh KH. Hasyim Asy’ari. Diceritakan sekitar tahun 1900-an pada awal pendirian Pesantren Tebu Ireng.