Dua Dari Tiga yang Dikabulkan

  1. Hadis:

    سَأَلْتُ رَبِّي ثَلَاثًا فَأَعْطَانِي ثِنْتَيْنِ ورد عَليّ وَاحِدَةً سَأَلْتُ رَبِّي أَنْ لَا يُهْلِكَ أُمَّتِي بِالْغَرَقِ فَأَعْطَانِيْهَا وَسَأَلْتُ أَنْ لَا يُهْلِكَ أُمَّتِي بِالسَّنَةِ فَأَعْطَانِيْهَا وَسَأَلْتُهُ أَنْ لَا يَجْعَلَ بَأْسَهُمْ بَيْنَهُمْ فَمَنَعَنِيْهَا

    Artinya:
    "Aku telah meminta kepada Tuhanku tiga hal. Dia mengabulkan dua dan menolak satu. Aku memohon agar Dia tidak membin asakan umatku dengan kebanjiran. Dia mengabulkan. Aku memohon agar Dia tidak membin asakan umatku dengan kekeringan, Dia pun mengabul­kannya. dan aku memohon agar ia tidak menjatuhkan siksa di antara mereka, namun Dia menolaknya."

    Asbabul Wurud:
    Diriwayatkan di dalam "Al-Jami’ul Kabir" Dari Sa'ad bahwa Rasulullah SAW telah tiba Dari daerah 'aliyah (pegunungan). saat Beliau melewati masjid Bani Mu'akhyah Beliau bersabda kami shalat dua raka'at, Beliau berdoa lama sekali kemudian setelah selesai Beliau bersabda: ”Aku telah memohon kepada Tuhanku … dan seterusnya.”

    Periwayat:
    Ibnu Abi Syaibah, Ahmad, Muslim, Ibnu Khuzaimah dan Ibnu Hibban Dari Sa'ab bin Abi Waqash.


    ”As sanah” adalah al jadab (kekeringan). Rasulullah SAW telah berusaha mencegah ummatnya Dari perbuatan-perbuatan yang menjadi sebab teijadinya aneka malapetaka, agar malapetaka tersebut tidak membi­nasakan ummatnya.