Ingat Allah dalam Setiap Keadaan

  1. Hadis:

    عَلَيْكَ بِتَقْوَى اللَّهِ مَا اسْتَطَعْتَ، وَاذْكُرِ اللَّهَ عِنْدَ كُلِّ حَجَرٍ وَشَجَرٍ، وَمَا عَمِلْتَ مِنْ سُوءٍ فَأَحْدِثْ لِلَّهِ فِيهِ تَوْبَةً، السِّرُّ بِالسِّرِّ وَالْعَلَانِيَةُ بِالْعَلَانِيَةِ

    Artinya:
    "Hendaklah kau bertaqwa kepada Allah sekuatmu dan Ingatlah Allah didekat setiap batu dan pohon. jika kamu berbuat kesalahan segeralah bertaubat: rahasia dengan secara rahasia, yang jelas dengan cara yang jelas."

    Asbabul Wurud:
    Hadis ini timbul sehubungan dengan permintaan Mu'adz: "Ya Rasulullah SAW, nasihatilah aku."Maka Rasulullah SAW bersabda: "Hendaklah kau… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad di dalam "Az Zuhud", oleh Thabrani Dari Atha bersumber Dari Mu'adz bin Jabal. Menurut Al-Mundziri, Hadis ini Hassan, tetapi 'Atha tidak berjumpa dengan Mu'adz. Al-Baihaqi pun meriwayatkannya dengan tambahan lafadz: "Fa adkhala bainahuma rajulan lam yusamma."(Maka masuklah di antara keduanya seorang laki-laki yang namanya tidak disebut). Kata Al-Haitsami, isnadnya Hassan.


    yang dimaksud dengan "mengingat Allah di setiap batu dan pohon"ialah diwaktu menetap dan diwaktu berjalan. Sedangkan yang dimaksud dengan "yang rahasia secara rahasia dan yang jelas secara jelas", ialah segera bertaubat bilamana terlanjur berbuat dosa.