Banyak Sujud

  1. Hadis:

    عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُوْدِ فَإِنَّكَ لَا تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلَّا رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيْئَةً

    Artinya:
    "Hendaklah kamu banyakkan sujud kepada Allah. Sebab tidaklah kamu sujud safukali sujud kepada Allah, kecuali Allah mengangkatmu satu derajat dan menghapusnya Dari kamu kesalahan."

    Asbabul Wurud:
    Diriwayatkan di dalam Shahih Muslim dan Sunan Turmudzi bersumber Dari Ma'dan bin Thalhah Al Umuri, katanya: "Aku telah menemui Tsauban (pembantu Rasulullah SAW), kataku: "Terangkan kepadaku satu amalan yang paling dicintai Allah, jika kukerjakan, aku dimasukkan Allah ke dalam surga. Tetapi Tsauban Dia m. kemudian aku bertanya lagi tetapi Dia tetap Dia m. untuk ketiga kalinya aku bertanya, maka iapun berkata: "Aku telah bertanya tentang itu kepada Rasulullah SAW, Beliau menjawab: "Hendaklah kau banyakkan sujud."berkatalah Ma'dan: "kemudian kutemui Abu Darda, kutanyakan hal itu kepadanya, maka iapun berkata kepadaku seperti apa yang dikatakan Tsauban." Muslim telah meriwayatkan Hadis ini Dari Rabi'ah bin Ka'ab Al-Aslami, katanya: "Aku telah bermalam bersama Nabi Muhammad SAW, aku membawakan air untuk Beliau berwudhu. Maka berkatalah Beliau : "Mintalah." Akupun berkata: "Aku minta kepadamu agar aku dapat menemani di surga."Kata Beliau : "Adakah yang lain?."Jawabku: "hanya itu."kemudian Beliau bersabda: "Bantulah aku mengantar- kanmu masuk surga banyak bersujud."

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Muslim, Turmudzi, Nasai dan Ibnu Majah Dari Tsauban dan Abu Darda.