Semua Bayi Terlahir Suci

  1. Hadis:

    كُلُّ مَوْلُوْدٍ يُوْلَدُ عَلَى الْفِطْرَةِ فَمَا يَزَالُ عَلَيْهَا حَتَّى يُعْرِبَ عَنْهَا لِسَانُهَا فَأَبَوَاهَا يُهَوِّدَانِهَا وَيُنَصِّرَانِهَا أَوْ يُمَجِّسَانِهَا

    Artinya:
    "Setiap anak yang dilahirkan, dilahirkan di atas fitrah (suci). Maka senantiasa ia berada dalam keadaan suci sampai lisannya berbicara. Kedua orang tuanyalah yang menjadikannya Yahudi atau Nasrani atau Majusi."

    Asbabul Wurud:
    Dari Aswad, katanya: "Aku mendatangi Rasulullah SAW dan aku ikut perang bersamanya. Kami memperoleh kemenangan namun pada hari itu orang-orang terus saling berbunuhan sehingga merekapun mem­bunuh anak-anak. Hal itu disampaikan kepada Rasulullah SAW, maka Rasulullah SAW bersabda: "Keterlaluan, sampai hari ini mereka masih saling membunuh sehingga banyak anak-anak terbunuh."berkatalah seorang laki-laki: "Ya Rasulullah SAW, mereka adalah anak orang-orang musyrik."Kata Rasulullah SAW: "Ketahuilah, sesungguhnya penopang kamu adalah anak-anak orang musyrikin itu. Jangan membunuh keturunan, jangan membunuh keturunan."kemudian Beliau pun bersabda: "Setiap anak yang dilahirkan, dilahirkan di atas… dan seterusnya.”

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Ad-Darimi, Nasai, Ibnu Jarir, Ibnu Hibban dan Imam Thabrani di dalam "Al-Kabir"dan oleh Al-Hakim Dari Aswad bin Suwaid R.A


    Maka manakala bayi itu dibiarkan pada keadaan dan tabiatnya, tidak ada pengaruh luar yang mempengaruhinya berupa pendidikan yang merusak atau taklid kepada kedua orang tuanya dan yang selainnya niscaya bayi tersebut kelak akan melihat petunjuk ke arah tauhid dan kebenaran Rasulullah SAW dan hal ini merupakan gambaran atau nalar yang baik yang akan menyampaikannya ke arah petunjuk dan kebenaran sesuai dengan fitrahnya yang asli dan Dia kelak tidak akan memilih kecuali memilah-milah (agama, ajaran) yang hanif.