Sesuai Menurut kejadiannya

  1. Hadis:

    كُلٌّ مُيَسَّرٌ لِمَا خُلِقَ لَهُ، وَفِيْ رِوَايَةٍ كُلٌّ يَعْمَلُ لِمَا خُلِقَ لَهُ أَوْ لِمَا يُيَسَّرُ لَهُ

    Artinya:
    "Segala sesuatu (akan) dimudahkan menurut (kejadian) yang dijadi­kannya baginya."

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana Dijelaskan di dalam Shahih Bukhari bersumber Dari Imran bin Hushain, bahwa seorang laki-laki telah bertanya kepada Rasulullah SAW: "Ya Rasulullah SAW, tahukah anda beda ahli surga Dari ahli neraka?."Beliau menjawab: "Tergantung apa yang dikerjakan; segala sesuatu akan dimudahkan menurut… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Bukhari dan Muslim, Abu Daud Dari Imran bin Hushain. Diriwayatkan pula oleh Turmudzi Dari Umar bin Khathab dan oleh Ahmad Dari Abu Bakar As Siddiq. dalam riwayatnya berbunyi (yang artinya): "Segala sesuatu akan bekerja (berjalan) menurut kejadiannya dan yang dimudahkan-Nya baginya."


    Maksudnya, seseorang sudah dipersiapkan untuk senantiasa berada dalam tabiatnya. berkata Ar Raghib: "Karena manusia saling mem­butuhkan, Allah menyeDia kan untuk setiap perorangan di antara mereka lapangan kerja yang dapat ia tekuni dan Dia telah menja­dikannya tabiat dan keahlian masing-masing munasabah (sesuai) dengan semangat spiritual yang mempengaruhi yang satu terhadap yang lain berupa aktivitas yang dapat melapangkan dadanya dalam keterlibatannya yang dapat memberikan kepadanya kekuatan dalam segala eksperimen-eksperimen (latihan-latihan). Maka apabila Dia telah menjadikan baginya lapangan kerja yang lain, boleh jadi Dia menjadikan penggantinya yang lebih gigih Daripadanya. Allah menyesuaikan hal itu untuk mereka supaya mereka tidak memilih satu lapangan pekerjaan saja sehingga akan menghilangkan apa yang telah menjadi ketetapan.