Sifat Sujud Rasulullah SAW

  1. Hadis:

    كَانَ إِذَا سَجَدَ جَافَى حَتَّى نَرَى بَيَاضَ إِبْطَيْهِ

    Artinya:
    "Adalah Beliau (Rasulullah SAW) apabila sujud merapatkan mukanya ke tanah (tempat sujud) sehingga terlihat putih kedua ketiaknya."

    Asbabul Wurud:
    Dari Jabir bin Abdullah bahwa Dia ditanya orang: "Apakah temanmu si Fulan ada yang jika sujud meletakkan dadanya dan kedua tangannya (Dari siku sampai dengan ujung jari) di tanah?."Maka Jabir menjawab: "(yang begitu) cara anjing sedang bertiarap."kemudian Jabir menye­butkan bunyi Hadis Rasulullah SAW di atas.

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Ibnu Khuzaimah, Abu 'Awanah Dari Jabir bin Abdullah. As-Suyuthi memasukkannya kedalam Hadis Hassannya. Menurut Abu Zur'ah, shahih. dan kata Al-Haitsami, rijal Ahmad (orang-orang yang menyampaikan Hadis ini kepada Imam Ahmad), shahih. dan Imam Bukhari meriwayatkannya dengan lafadz (yang artinya): "Apabila Beliau sujud, Beliau merenggangkan kedua tangannya Dari kedua ketiaknya sehingga aku melihat warna putih ketiaknya."Ibnu Jarir meriwayatkannya pula Dari beberapa jalur Dari Ibnu Abbas ra.


    Cara sujud menurut petunjuk Rasulullah SAW di atas tujuh anggota sujud, yakni dahi berikut hidung, dua telapak tangan, dua dengkul dan dua ujung jari kaki kiri-kanan serta mengangkat lambung dan merenggang­kan kedua tangan sehingga ketiak kelihatan?