Berdo’a dengan Asmaul Husna

  1. Hadis:

    لَقَدْ سَأَلَ اللَّهَ بِاسْمِهِ الْأَعْظَمِ الَّذِي إِذَا سُئِلَ بِهِ أَعْطَى وَإِذَا دُعِيَ بِهِ أَجَابَ

    Artinya:
    "Sungguh Dia telah meminta kepada Allah dengan Asma (nama-nama) Nya yang agung di mana bila Dia diminta Dia memberi, bila dipanggil dengannya Dia menjawab (mengabulkan)."

    Asbabul Wurud:
    Dari Anas, ia berkata: "Rasulullah SAW telah mendengar seorang laki-laki berdo'a . Maka Beliau bersabda: "Sungguh Dia telah meminta kepada Allah… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Imam Hadis yang Empat Dari Anas bin Malik R.A


    Hadis ini menerangkan tentang keutamaan do'a dengan menyebut nama-nama Allah (Asmaul Husna). Hadis aslinya bersumber Dari Buraidah bahwa Nabi telah mendengar seorang laki-laki berdoa (yang artinya): "Ya Allah, aku meminta kepada Mu bahwa sesungguhnya Engkau, Allah yang Maha Esa, tempat bermohon, tidak melahirkan dan tidak dilahirkan, tidak ada satupun yang menyerupai Mu."Rasulullah SAW bersabda: "Sungguh ia telah berdo'a dengan nama-Nya yang agung? dan seterusnya."dalam riwayat yang lain bersumber Dari Anas, laki-laki itu berdo'a : "Ya Allah, aku meminta kepada Mu, bahwa sesungguhnya bagi Mu segala puji. tidak ada Tuhan kecuali Engkau. Maha Suci Engkau, tidak ada Tuhan kecuali Engkau. Maha Suci Engkau, tidak ada syarikat bagimu. Ya Al Mannan yang menciptakan langitjdan bumi, yang memiliki keagungan dan kemuliaan."kemudian Rasulullah SAW bersabda seperti bunyi Hadis di atas.