Azab Kubur

  1. Hadis:

    لَوْلَا أَنْ لَا تَدَافَنُوْا لَدَعَوْتُ اللَّهَ أَنْ يُسْمِعَكُمْ عَذَابَ الْقَبْرِ

    Artinya:
    Seandainya kalian tidak akan saling mengubur niscaya aku berdo'a kepada Allah agar Dia memperdengarkan kepada kalian siksa kubur."

    Asbabul Wurud:
    Dari Anas, bahwa Ketika Nabi lewat di pekuburan orang-orang musyrik, Beliau berkata demikian. Menurut Muslim bersumber Dari Hadis Zaid bin Tsabit, ia berkata: Ketika Nabi berada di kebun Bani Najar, di atas keledainya dan kami bersamanya, kami mendapatkan empat sampai enam buah kuburan, Rasulullah SAW bertanya: "Siapa yang tahu, siapa saja penghuni kuburan ini?. "Seorang laki-laki menjawab: "Aku."Rasulullah SAW bertanya: "Kapan mereka mati?."Jawabnya: "Mereka mati dulu…."Rasulullah SAW bersabda: "Umat ini akan diuji dikuburannya. Seandainya kalian tidak saling mengubur niscaya aku berdo'a kepada Allah agar Dia memperlihatkan kepada kalian azab kubur yang aku sekarang dengar."kemudian Rasulullah SAW menghadapkan mukanya kepada kami seraya berkata: "Moho makanlah kalian perlindungan kepada Allah Dari siksa kubur."Mereka berkata: "Kami berlindung kepada Allah Daripadanya."Rasulullah SAW bersabda: "Moho makanlah kalian perlindungan kepada Allah Dari fitnah lahir dan batin."Mereka berkata: "Kami berlindung kepada Allah Daripadanya."Terakhir Rasulullah SAW bersabda: "Moho makanlah kalian perlindungan kepada Allah Dari fitnah dajjal."Merekapun berkata: "Kami berlindung kepada Allah Daripadanya." Diriwayatkan oleh Imam Ahmad Dari Anas, bahwa Ketika Rasulullah SAW masuk kedalam kebun di antara dua kebun Bani Najar, Beliau mendengar suara Dari sebuah kuburan. Beliau menanyakan, kapan penghuninya dikuburkan. yang hadir menjawab: "Ya Rasulullah SAW, orang ini dikubur di zaman jahiliyah. Rasulullah SAW merasa heran seraya bersabda: "Seandainya kalian tidak akan saling menguburkan… dan seterusnya."

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Muslim An-NaSa'i Dari Anas bin Malik.


    Bahwa siksa kubur itu amat keras. dirahasiakannya siksa kubur itu supaya mudah dan tidak ada rasa takut Ketika menguburkan jenazah.