Anjuran Bersedekah

  1. Hadis:

    لِيَتَصَدَّقْ الرَّجُلُ مِنْ صَاعِ بُرِّهِ وَلِيَتَصَدَّقْ مِنْ صَاعِ تَمْرِهِ

    Artinya:
    "Orang itu hendaklah menyedekahkan satu sha' Dari gandumnya dan hendaknya Dia (juga) menyedekahkan satu sha' Dari kurmanya."

    Asbabul Wurud:
    Dari Abu Juhaifah, ia berkata: "Orang-orang Dari Qais secara mendadak telah mendatangi Rasulullah SAW. Mereka menyandang pedang. Rasulullah SAW merasa tidak enak melihat keadaan mereka. Beliau shalat kemudian masuk kerumahnya, keluar lagi dan kembali shalat. kemudian duduk di tempat duduknya seraya menyuruh dan mendorong para sahabatnya untuk bersedekah. Beliau bersabda: "Bersedekahlah!"Maka datanglah seorang Anshar membawa sebungkus emas diletakkannya ketangan Rasulullah SAW. Orang-orang pun mengikutinya sehingga tanpak dua bungkusan besar terdiri Dari pakaian dan makanan. Aku (Abu Juhaifah) melihat wajahnya bersinar berseri-seri laksana emas.

    Periwayat:
    Thabrani di dalam "Al-Ausath"dan oleh Al-Bazar Dari Abu Juhaifah. As-Suyuthi mengelompokkan Hadis ini kedalam kelompok Hadis Hassan.


    Bersedekah merupakan amal Sunnah-muakkadah, meskipun sedikit seperti satu sha' gandum atau kurma. dikhususkan gandum atau kurma karena keduanyanan mereka sehari-hari dan merupakan makanan pokok bagi kebanyakan negeri. Kata "Tashaddaqa", "Yatashaddaqa"dihubungkan dengan "lam-amar"untuk memperkuat.