Menyakiti Muslim

  1. Hadis:

    مَنْ آذَى مُسْلِمًا فَقَدْ آذَانِيْ، وَمَنْ آذَانِيْ فَقَدْ آذَى اللَّهَ

    Artinya:
    "Barang siapa menyakiti seorang Muslim maka sungguh Dia menyakitiku dan Barang siapa menyakitiku maka sungguh Dia menyakiti Allah."

    Asbabul Wurud:
    Anas berkata: "Rasulullah SAW. bersabda kepada seorang laki-laki: Aku memperhatikanmu melangkahi tengkuk orang lain (untuk mencapai shaf di depan dalam shalat berjamaah) dan engkau menyakiti mereka. Barang siapa menyakiti seorang Muslim ? dan seterusnya. Pada ujung sabda Beliau itu ?. warnan aadzan nabiyya shallahu 'alaihi wa sallama yuusyaku an yuhlikallahu. (dan Barang siapa menyakiti Nabi SAW. dikuatirkan Allah akan menghancurkan mereka).

    Periwayat:
    Thabrani dalam "Al-Ausath" Dari Anas ibnu Malik R.A As-Suyuthi menandai Hadis ini dengan nilai Hassan. dalam rangkaian perawinya terdapat nama Musa ibnu Khalaf as Shury al 'Amy yang dinilai dhaif (lerriah) oleh sebagian perawi Hadis , sedangkan yang lain menilainya orang terpercaya.


    Menyakiti Muslim dilarang oleh agama. Cukuplah peringatan untuk kita sabda Rasulullah SAW.: Al Muslimu man salimal Muslimuuna wa yadihi? (Orang Muslim itu adalah seorang yang selamat orang-orang Muslim Dari kejahatan lisan dan tangannya). Sikap saling menghormati sesama Muslim terhadap keadaannya, hartanya, darahnya, kehormatannya adalah bagian Dari syiar Islam. tidaklah berhak seorang Muslim melanggar (melecehkan) hal-hal yang diharamkan Allah dan syiar agamanya. dan Barang siapa menyakiti seorang Muslim maka sungguh Dia menyakiti Allah dan Rasul-Nya.