Masjid taqwa

  1. Hadis:

    الْمَسْجِدُ الَّذِي أُسِّسَ عَلَى التَّقْوَى مَسْجِدِيْ هَذَا

    Artinya:
    "Masjid yang dibangun atas dasar taqwa adalah Masjidku ini."

    Asbabul Wurud:
    Abi Said berkata: Aku datang ke rumah Nabi SAW Ketika Beliau berada di rumah salah seorang istrinya. Aku bertanya: Wahai Rasulullah SAW, manakah Masjid yang dibangun atas dasar taqwa? Beliau menjawab seperti bunyi Hadis di atas. Ubai ibnu Kaab berkata; Dua orang laki- laki berbeda pendapat tentang Masjid yang dibangun atas dasar taqwa, lalu mereka menanyakan hal itu kepada Nabi SAW, yang Beliau jawab dengan sabdanya seperti bunyi Hadis di atas.

    Periwayat:
    Muslim dan Turmudzi Dari Abi Said al-Khudri R.A , Imam Ahmad dan Hakim Dari Ubai ibnu Kaab R.A Hakim menyatakan Hadis ini shahih, dan Az Zahabi mengakuinya. Akan tetapi az-Zain al Iraqy menyatakan Hadis ini munkar (tidak dikenal), karena salah seorang sanad (rijal)nya yaitu Abdullah ibnu Amir al Aslamy adalah seorang yang dhaif (lemah).


    Al 'Iraqy dalam Syarah Turmudzi berkata: "yang lebih shahih (benar) adalah suatu Masjid (mana saja), dan hal itu berbeda dengan pendapat Ibnu Araby. Benar pula pendapat yang mengatakan bahwa pengertian Masjid taqwa tidak terbatas untuk Masjid tertentu saja, sehingga paham tersebut lebih utama dibanding dengan mengamalkan Hadis tentang (yang dimaksud dengan Masjid yang dibangun atas dasar taqwa) adalah Masjid Quba'. Mungkin pula ada pendapat bahwa Masjid yang diterangkan tersebut adalah sesuatu Masjid yang dibangun dengan sifat taqwa, sehingga membenarkan masing-masing kedua paham tersebut.