Perbandingan Dua Peristiwa

  1. Hadis:

    نَصْبِرُ وَلَا نُعَاقِبُ

    Artinya:
    "Kami bersabar dan kami tidak membalas."

    Asbabul Wurud:
    Ubai bin Ka'ab berkata: "Pada waktu perang Uhud, sebanyak 64 orang sahabat Anshar, dan 6 orang sahabat Muhajirin gugur sebagai syuhada, di antaranya Hamzah bin Abdul Muthalib. (Karena sedih dan marah) mereka mengangankan sesuatu kejadian serupa di masa akan datang. Orang Anshar berkata: "Jika suatu hari kita memperoleh kemenangan seperti ini, kita akan memberikan pelajaran keras kepada mereka. Ketika terjadi peristiwa penaklukan kota Makkah, Allah SWT menurunkan ayat: dan jika kamu memberikan balasan, maka balaslah dengan balasan yang sama dengan siksaan yang ditimpakan kepadamu, akan tetapi jika kamu bersabar, sesungguhnya itulah yang lebih baik bagi orang-orang yangsabar (an-Nahl. 126). kemudian Rasulullah SAW bersabda: "Kami bersabar dan kami tidak membalas."tidak ada tandingan terhadap (satu kali kekalahan) melawan kaum (Quraisy) itu melainkan dengan empat kali (kemenangan).

    Periwayat:
    Imam Ahmad, Turmudzi, Ibnu Munzir, Ibnu Hatim, Ibnu Khuzaimah dalam al-Faraid, Ibnu Hibban, Thabrani dan Hakim Dari Ubai bin Kaab R.A Turmudzi dan Hakim menilai Hadis ini Hassan, sedangkan Suyuthi menandainya dengan shahih.


    Rasulullah SAW mengucapkan sabdanya dalam Hadis di atas terhadap gugurnya Hamzah (yang disiksa jasadnya) dalam perang Uhud, sehingga Allah SWT menurunkan ayat dalam peristiwa kemenangan (penaklukan) Makkah: Wain 'aaqalatum fa'aaqibuu bimitsli maa 'uqilatum (Jika kamu membalas dengan siksaan, maka balaslah sesuai dengan cara kamu disiksa .?