Pintu Rahmat Tuhan

  1. Hadis:

    هَذَا رَبُّكُمْ فَتَحَ بَابًا مِنْ أَبْوَابِ السَّمَاءِ يُبَاهِيْ بِكُمْ المَلَائِكَةَ يَقُوْلُ عِبَادِي قَضَوْا فَرِيْضَةً وَهُمْ يَنْتَظِرُوْنَ الأُخْرَى

    Artinya:
    "ini Tuhanmu yang membuka rahmat Dari pintu-pintu langit untuk membanggakan kamu kepada malaikat dan kemudian Dia bersabda: "Wahai hamba-Ku Kerjakanlah kewajiban dan mereka menunggu yang lain.”

    Asbabul Wurud:
    Sebagaimana dalam kitab Al-Jami'ul Kabir. Rasulullah SAW melaksanakan shalat Maghrib, setelah Rasulullah SAW shalat Maghrib, maka sebagian sahabat kembali pulang (ke rumah) lalu diikuti oleh yang mengikuti. Maka Rasulullah SAW keluar Masjid sambil bersabda: "inilah Tuhanmu ? dan seterusnya."

    Periwayat:
    Ibnu Jarir Dari Abdullah bin Umar R.A


    Hadis ini menunjukkan bahwa Allah SWT memberikan pujian kepada para hamba-Nya yang beriman yang senantiasa melaksanakan shalat wajib dengan membiasakan berjamaah di Masjid antara shalat maghrib dan Isya. dalam sebuah Hadis shahih disebutkan pertanyaan Allah kepada malaikat, walaupun Dia lebih mengetahui keadaan mereka: "sedang mengapa hamba-Ku kalian tinggalkan? Para malaikat menjawab: Kami mendatangi mereka sedang melaksanakan shalat dan kami meninggalkan mereka juga sedang shalat."