Wanita Lebih Unggul

  1. Hadis:

    هُنَّ أَغْلَبُ

    Artinya:
    "Mereka (para wanita itu) lebih unggul."

    Asbabul Wurud:
    Ummu Salamah berkata: "Nabi SAW sedang melaksanakan shalat di kamar Ummu Salamah. Tiba-tiba lewat di hadapan Beliau Abdullah atau Amru ibnu Abi Salamah (anak tiri Rasulullah SAW). Beliau mengisyaratkan dengan tangannya dan mengangkat (Amru) dengan tangannya. Setelah itu lewat pula Zainab binti Ummu Salamah, maka Beliau mengisyaratkan dengan tangannya dan (setelah selesai shalat) Beliau bersabda: "inilah."Maka Zainab pun berlalu. Setelah selesai shalat Rasulullah SAW bersabda: "Mereka (para wanita) lebih unggul."

    Periwayat:
    Ibnu Majah dan Thabrani dalam "Al-Jami'ul Kabir" Dari Ummu Salamah R.A dalam sanad Hadis terdapat nama Muhammad ibnu Qais Dari Ibunya. Ad Damiri berkata tidaklah dikenal nama ibunya, sedangkan Muhammad ibnu Qais adalah saudara Umar ibnu Abdii Aziz. Dia banyak meriwayatkan Hadis seperti disebutkan oleh Ibnu Hibban dalam ats tsiqat . Muslim dan Turmudzi juga meriwayatkan Hadisnya.


    Hadis ini berarti bahwa para wanita mengalahkan (mengungguli laki- laki, karena wanita lebih lembut (halus) caranya untuk memperoleh sesuatu. Mengenai hal itu wanita memiliki sifat lemah lembut yang dapat menundukkan pria.